DAMPAK PROGRAM PEMATANGAN MATERI PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA TEKNIK MEKATRONIKA SMKN 2 TASIKMALAYA

Nindicka Nurul Fadilah, 16140008 (2020) DAMPAK PROGRAM PEMATANGAN MATERI PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA TEKNIK MEKATRONIKA SMKN 2 TASIKMALAYA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PROGRAM PEMATANGAN MATERI PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA TEKNIK MEKATRONIKA SMKN 2 TASIKMALAYA)
16140008_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PROGRAM PEMATANGAN MATERI PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA TEKNIK MEKATRONIKA SMKN 2 TASIKMALAYA)
16140008_BAB-II_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak program kegiatan Program Pembelajaran SMK Kompetensi Keahlian 4 Tahun terhadap Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Teknik Mekatronika SMKN 2 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah dengan Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yaitu dengan triangulasi teknik, dan membercheck, Hasil dari penelitian ini adalah, dampak positif: 1) Program kegiatan pematangan materi Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Teknik Mekatronika SMKN 2 Tasikmalaya difokuskan pada mata pelajaran sistem robotik dan teknik kontrol sistem mekatronik. 2) Jenis kegiatan pematangan materi Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Teknik Mekatronika SMKN 2 Tasikmalaya adalah Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) dan Link and Match atau praktik. Kegiatan dalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) diantaranya membuat makalah dan rangkuman materi, sedangkan kegiatan dalam Link and Match atau praktik diataranya membuat catatan kerja atau portofolio. 3) Kemampuan literasi baca-tulis dalam kegiatan pematangan materi Praktik Kerja Lapangan (PKL), berdasarkan data yang telah diperoleh peneliti di lapangan dapat disimpulkan bahawa untuk keterampilan membaca siswa mampu menyimpulkan, memahami, dan menjawab materi saat pematangan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Serta untuk kemampuan menulis, siswa mampu menjelaskan dalam uraian, menulis uraian dengan bahasa sendiri, membuat laporan praktik, menyimpulkan materi praktik, dan menganalisis laporan praktik. 4) Dampaknya yaitu menambah dan menguasai kosakata serta simbol baru, mampu berbicara dari hasil membaca, mudah merangkai rangkaian elektronika, mengenali jenis buku, dan mengasah keterampilan menulis ABSTRACT The study is intended to know about this study for the purpose of knowing the impact of the four-year vocational training program for the ability literacy reading and writing the mekatronic technical student vocational high School 2 Tasikmalaya. The research method used is a qualitative descriptive method. The methods of data collection used in this study are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques composed in the study are with miles and huberman, which are the deduction of data, presentation of data, and a deduction. Testing the validity of the data using technical triangulation, and membercheck. The results of this study was: 1) the program of ripening materials for Praktik Kerja Lapangan (PKL) in Mechatronic Engineering of vocational high School 2 Tasikmalaya is focused on the textbook systems of robotics and system-control techniques of the mekatronic system. 2) the kind of ripening of materials for Praktik Kerja Lapangan (PKL) in Mechatronic Engineering of vocational high School 2 Tasikmalaya technique is Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) and link and match or practice. The activities in Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) include paper and material summaries, while the activities in link and match or the practices above make a report or a portfolio. 3) literacy ability to read and write in the maturing of materials for Praktik Kerja Lapangan (PKL) based on data already obtained by researchers in the field can be concluded, understood, and answered materials for the maturation of Praktik Kerja Lapangan (PKL). As well as for writing ability, students are able to explain in descriptions, write descriptions in their own language, create practice reports, conclude practice materials, and analyze the practice report. 4) The impact is adding and mastering new vocabulary and symbols, being able to speak from reading results, easily assembling electronic sequences, recognizing types of books, and honing writing skills.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Marwiyah, S.Ag., S.S., M.LIS
Uncontrolled Keywords: Literasi, Literasi Siswa, Literasi Baca-Tulis, Literacy, Student Literacy, Literacy Reading-Writing
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Nov 2020 14:44
Last Modified: 30 Nov 2020 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41322

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum