Jubaedah, NIM.: 02411031 (2006) METODE BELAJAR MANDIRI DALAM HAFALAN AL-QUR'AN DI PONDOK PUTRI ALI MAKSUM, KRAPYAK, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (Metode Belajar Mandiri Dalam Hafalan Al-Qur'an di Pondok Putri Ali Maksum, Krapyak, Yogyakarta)
02411031_BAB I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (Metode Belajar Mandiri Dalam Hafalan Al-Qur'an di Pondok Putri Ali Maksum, Krapyak, Yogyakarta)
02411031_BAB II_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang metide belajar mandiri dalam hafalan di Pondok Pesantren Putri Ali Maksum Krapyak Yogyakarta 2006 serta kendala-kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini, diharapkan akan dapat di gunakan untuk memberikan semangat dalam menjalankan metode belajar mandiri dalam hafalan Al-Qur' an. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan mengambil latar Pondok Pesantren Putri Ali Maksum Krapyak Y ogyakarta. Pengumpulam data di lakukan dengan mengadakan pengamatan wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan hasil makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan satu tujuan penggunaan metode belajar mandiri dalam hafalan Al-Qur' an adalah mendeskripsikan arti penting metode belajar mandiri, tujuan menghafal Al-Qur'an, strategi menghafal, macam-macam menghafal, faktor pendukung dan penghambat, kiat-kiat memelihara hafalan dan tahapan menghafal, evaluasi metode belajar, mandiri dalam menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Putri Ali Maksum. Metode belajar ,mandiri tersebut ternyata mampu meningkatkan hafalan AI-Qur' an di Pondok Pesantren Putri Ali Maksum. Metode tahfidz, metode takrir, metode kelompok dan seaman metode belajar mandiri dan bersama, usaha-usaha yang dilakukan santriati untuk mengatasi hambatan dan kesulitan Dengan perilaku belajar yang efektif disertai proses mengajar yang tepat, terbukti mampu menghasilkan manusia yang memiliki karakteristik sebagai pribadi yang mandiri, pelajar yang efekktif, pekerja yang produktif, anggota masyarakat yang baik. Disamping itu, santri yang benar-benar menerapkan metode ini terbukti mampu mengenal dan menerima dirinya sendiri dam lingkungan, mampu mengarahkan dirinya dan mewujudkan dirinya secara optimal. Dengan perilaku belajar mandiri disertai proses mengajar yang tepat, terbukti mampu menghasilkan manusia yang memiliki karakteristik sebagai: l.Pribadi yang mandiri, 2.Pelajar yang efektif, 3.Pekerja yang produktif, 4 .Anggota Masyarakat yang baik. Di samping itu santri yang benar-benar menerapkan metode ini terbukti mampu mengenal dan menerima dirinya sendiri dan lingkungan, mampu mengarahkan dirinya dan mewujudkan dirinya secara optimal.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dra. Marhumah, M. Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran; pesantren |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | dra. Retno Wuri W |
| Date Deposited: | 25 Nov 2020 12:39 |
| Last Modified: | 17 Feb 2025 14:56 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41336 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
