Zakiyah Ayu Indrawati, NIM.: 02411089-01 (2006) RELEVANSI PROFIL GURU DALAM SERAT WIRID HIDAYAT JATI DENGAN KOMPETENSI GURU DALAM UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN TAHUN 2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (Relevansi Profil guru Dalam Serat Wirid Hidayat Jati dengan Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Guru dan Dosen Tahun 2005)
02411089-01BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (Relevansi Profil guru Dalam Serat Wirid Hidayat Jati dengan Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Guru dan Dosen Tahun 2005)
02411089-01_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan clan menganalisis tentang profit guru dalam Serat Wirid Hidayat Jati dan melihat relevansinya dengan kompetensi Guru PAI. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi ntjukan bagi para pendidik dan insan terdidik agar tidak terpaku pada teori-teori barat semata tetapi mencoba menggali pemikiran filosof dalam negeri pada masa lampau dan kembali pada nilainilai kebudayaan timur sehingga mampu memberi fonnulasi pendidikan yang sesuai dengan karakter dan kepribadian bangsa. Pcnclitian ini mcrupakan pcnclitian kualitatif dengan mengambil latar belakang kitab sastra Jawa. Metode yang digunakan aclalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan h:istoris karena menganalisis tentang Serat Wirid Hidayat Jati yang ditulis oleh tokoh filsafat Jawa, Ronggowarsito yang hidup pada abad ke-18, sehingga dibutuhkan pendekatan historis yang berkaitan dengan pembuatan buku tersebut. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan dalam Serat Wirid Hidayat Jati hak:ikatnya sama dengan konsep pendidikan pada saat ini, yaitu bertujuan untuk mendidik manusia agar mencapai derajat insan kamil. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang guru yang benar-benar memenuhi standar kualifikasi. Ronggowarsito dalam Serat Wirid Hidayat Jati telah menuliskan bagaimana standar yang harus dimiliki oleh seorang guru dari kepribadian, kewajiban, kemampuan dan golongan yang layak untuk menjadi seorang guru. Begitu juga dengan standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam UU Guru dan Dosen No.14 tahun 2005 yang mempunyai visi yang sama dalam menetapkan kriteria seorang guru yang dianggap layak dan berkompetensi. Dalam kompetensi kepribadian, seorang guru adalah pembimbing bagi anak didiknya dan menjadi faktor terpenting dalam pendidikan. Oleh karena, itu sebagai salah satu komponen terpenting, guru hams mampu menjadi sosok yang diteladani. Guru juga hams mempunyai keterampilan dalam mengajar atau dengan kata lain kompetensi paedagogi yang hams dimiliki oleh seorang guru sebagai bekal dalam mengajar. Adapun kompetensi sosial gum sama dengan kewajiban yang harus dilakukan guru sebagaimana dalam Sera/ Wirid Hidayat Jati. Sedang yang terakhir, orang yang pantas menjadi gum menumt Ronggowarsito adalah kompetensi profesional seorang gum dalam konteks yang berbeda. Seorang guru yang memenuhi standar profesional adalah orang yang telah mempunyai sertifikasi mengajar sedang pada saat zaman Ronggowarsito helum ada sertifikasi sehingga ditentukan dengan derajat atau kedudukan seseorang yang dianggap layak untuk menjadi seorang guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Muqowim, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | filosofis; guru PAI; Ronggowarsito |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1) |
Depositing User: | dra. Retno Wuri W |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 12:58 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 14:36 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41338 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |