PENGAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ( SMP - IT ) Masjid Syuhada Yogyakarta ( Perspektif Konstruktivisme )

Nurul Awaliyah, NIM.: 02421029 (2006) PENGAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ( SMP - IT ) Masjid Syuhada Yogyakarta ( Perspektif Konstruktivisme ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pengajaran Keterampilan Membaca Bahasa Arab Pada Kelas VIII SMP Islam Terpadu ( SMP - IT ) Masjid Syuhada Yogyakarta ( Perspektif Konstruktivisme ))
02421029_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (Pengajaran Keterampilan Membaca Bahasa Arab Pada Kelas VIII SMP Islam Terpadu ( SMP - IT ) Masjid Syuhada Yogyakarta ( Perspektif Konstruktivisme ))
02421029_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan pembelajaran konstruktivisme dalam pengajaran keterampilan membaca bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP-IT Masjid Syuhada Yogyakarta dan untuk mengetahui proses pengajaran keterampilan membaca bahasa Arab di kelas VIII SMP-IT Masjid Syuhada Yogyakarta yang meliputi tujuan pengajaran, materi pelajaran, metode pengajaran, media pembelajaran serta evaluasi pengajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bila dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan (field reseach). Sumber data pada penelitain ini adalah siswa kelas VIII, guru bahasa Arab dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deduktif dan induktif. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Tujuan pengajaran keterampilan membaca bahasa Arab pada kelas VIII SMP-IT Masjid Syuhada Yogyakarta mengarah pada konstruktivisme yang oleh guru bahasa Arab kelas VIII mengaharapkan siswa kelas VIII dapat memecahkan masalah, berani bertindak sesuai dengan apa yang dianggapnya benar dan bisa mempertanggungjawabkan. Hal ini senada dengan rumusan tujuan pendidikan dalam teori belajar konstruktivisme. 2) Materi pelajaran keterampilan membaca bahasa Arab kelas VIII SMP-IT Masjid Syuhada Yogyakarta mengarah pada muatan konstruktivisme dengan menekankan bahwa materi pelajaran harus memiliki makna bagi kehidupan siswa. Seperti materi tentang kaifa natawada' (bagaimana berwudhu?) dapat bermanfaat dalam kehidupan nyata siswa. 3) Metode pengajaran bahasa Arab di kelas VIII mengarah pada konstruktivisme yang mana guru banyak berinteraksi dengan siswa sehingga guru bahasa Arab lebih mengerti apa yang sudah siswa ketahui dan pikirkan. Karena siswa harus membangun sendiri pengetahuan mereka, sehingga guru perlu belajar mengerti cara berpikir mereka sehingga dapat memlSantu memodifikasi cara belajar siswa. 4) Sarana, media dan lingkungan belajar bahasa Arab yang berada di SMP-IT Masjid Syuhada Yogyakarta dalam proses belajar mengajar bahasa Arab membantu siswa dalam proses konstruksi pengetahuan (bahasa Arab). Dalam konstruktivisme peranan sarana belajar dan fasilitas lainnya disediakan hanya untuk membantu pembentukan pengetahuan, begitu pula di kelas VIII SMP-IT Masjid Syuhada Yogyakarta penggunaan media pembelajaran tidak mutlak dipakai setiap saat namun di saat-saat tertentu seperti saat siswa mulai bosan dan tidak semangat. 5) Evaluasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP-IT Masjid Syuhada Yogyakarta dilakukan melalui tugas-tugas dan testing pada akhir pelajaran, sedangkan dalam konstruktivisme guru tidak dapat mengevaluasi apa yang sedang dibuat siswa atau apa yang mereka katakan. Maka sistem evaluali belajar bahasa Arab kelas VIII SMP­IT Masjid Syuhada Yogyakarta belum mengarah pada sistem evaluasi konstruktivisme karena masih menggunakan prosedur standar dengan memberikan jawaban-jawaban standar yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H. Zainal Arifin A, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Bahasa Arab; SMP
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 25 Nov 2020 13:15
Last Modified: 18 Feb 2025 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum