Umu Salamah, NIM.: 02421226 (2006) EKSPERIMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PENGAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MTSN PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pengajaran Kosa Kata Bahasa Arab di MTSN Prambanan Sleman)
02421226_BAB I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pengajaran Kosa Kata Bahasa Arab di MTSN Prambanan Sleman)
02421226_BAB II_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Eksperimentasi berarti percobaan, usaha untuk mencoba sesuatu, usaha untuk melakukan sesuatu atau hendak berbuat sesuatu. Dalam hal ini peneliti mengujicobakan suatu pendekatan pembelajaran yang dinilai baru, yaitu mengujicobakan pendekatan kontekstual dalam pengajaran kosa kata bahasa Arab di MTsN Prambanan Sleman . Pendekatan kontekstual adalah suatu pendekatan pembelajaran dimana dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang dijarkannya dengan dunia nyata siswa dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, dengan melibatkan 7 kemampuan utama pembelajaran efektif yaitu konstruktivisme, (constructivism), Pertanyaan (quentioning), II!enemukan (inquiring), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian sebenarnya (authentic assesment). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilaksanakan ditengah-tengah kancah kehidupan bermasyarakat. Pendekatan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati dapat diukur dan diubah dalam bentuk angka. Sedangkan metode penelitian dengan menggunakan metode eksperimen, yang prosedurnya antara lain Pre-experiment Measurement, Tretment, Postexperiment Measurement. Setelah diadakannya uji coba maka pendekatan kontekstual dalam pengajaran kosa kata bahasa Arab telah disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual temyata dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa, dan temyata terdapat perbedaan yang nyata antara pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dengan tanpa pendekatan kontekstual.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Drs. H. Ahmad Rodhi, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab; CTL; pembelajaran konstruktivistik |
Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | dra. Retno Wuri W |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 14:46 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 11:13 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41345 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |