KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Maryanta, NIM.: 02471067-01 (2005) KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Konsep Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Pendidikan Islam)
02471067-01_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (Konsep Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Pendidikan Islam)
02471067-01_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kondisi bangsa Indonesia yang beraneka ragam, baik suku, bahasa, adat dan agama sangat rentan dengan berbagai konflik akibat keberagaman tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konflik etnis dan konflik SARA yang diakibatkan oleh perbedaan pendapat, rapuhnya rasa kebersamaan, ketidakadilan, dan tidak adanya komunikas terbuka. Hal ini disebabkan dari hasil pendidikan yang mengesampingkan potensi budaya yang ada, untuk itu dibutuhkan pendidikan yang menghargai segala perbedaan atau multikulturalisme. Bangsa Indonesia yang heterogen ini, membutuhkan sikap saling menghormati dan toleransi serta menghargai keberagaman yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam konsep pendidikan mutikultural, perspektif pendidikan islam terhadap pendidikan multikultural, dan implementasi konsep pendidikan multikultural dalam pendidikan nasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pustaka (Library Research) dengan menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Metode dalam penelitian ini dengan teknis analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Konsep Pendidikan multikulturalisme selaras dengan ajaran islam dimana Islam sangat menghargai adanya keberagaman dan perbedaan, suku bahasa agama, dan jender, bahkan itu semua sudah menjadi sunnatullah yang tidak bisa dihilangkan dan dihindari, sebagaimana yang terdapat dalam sumber ajaran dan sumber nilai Islam yaitu al-Quran surat al-Hujurat ayat 13. 2). Pendidikan multikulturalisme sangat urgen bila diterapkan dalam pendidikan nasional karena kondisi bangsa yang sarat dengan keberagaman dan perbedaan. Pendidikan multikultural sebenarnya telah terangkum dalam pendidikan nasional terutarna dalam pendidikan Islam sebagai bagian dari pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Ahmad Arifi M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural; Pendidika Islam
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 26 Nov 2020 12:41
Last Modified: 26 Feb 2025 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41358

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum