Syukur Widodo, NIM.: 02471170 (2006) PARTISIPASI SERIKAT PAGUYUBAN PETANI QARYAH THAYYIBAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SLTP ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH DI KELURAHAN KALIBENING SALATIGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (Partisipasi Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah di Kelurahan Kalibening Salatiga)
02471170_BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (Partisipasi Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah di Kelurahan Kalibening Salatiga)
02471170_BAB II_BABIII_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis partisipasi Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah dalam penyelenggaraan pendidikan altematif. Serta mendiskripsikan dan menganalisis Manajemen penyelenggaraan pendidikan SL TP Altematif Qaryah Thayyibah di Kelurahan Kalibening. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berarti bagi peningkatan mutu pendidikan nasioal untuk meningkatan kualitas sumber daya manusia, minimum dapat memberikan alternatif bagi pengembangan pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus, dengan mengambil latar Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah (SPP-QT) Salatiga dan SLTP Altematif Qaryah Thayyibah di Kelurahan Kalibening Salatiga. Subyek penelitian adalah responden yang terdiri dari pengurus SPP-QT, pengelola, guru dan siswa SL TP Alternatif Qaryah Thayyibah serta orang tua/wali dan tokoh masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis induktif. Has ii penelitian menunjukkan: 1) Faktor-faktor yang mendasari SPP-QT menyelenggarakan pendidikan alternatif, yaitu; pertama, hak dasar manusia untuk mendapatkan pendidikan, kedua, basis anggota SPP-QT adalah petani dibawah kemiskinan sulitnya mengakses pendidikan, ketiga, kondisi pendidikan nasional yang mcmprihatinkan yaitu mutunya rendah dan semakin mahal. 2) Bentukbentuk partisipasi SPP-QT, yaitu, fikiran atau gagasan, fasilitator, sehagai tempat konsolidasi, memonitoring atau mengevaluasi, tenaga ahli/pengajar dan memotivasi. 3) SPP-QT dalam mengembangkan dan menggerakkan partisipasi masyarakat memberikan otonomi mutlak terhadap pengelola. Sedangkan untuk kasus SL TP Altematif Qaryah Thayyibah guna mengerakkan partisipasi menggunakan pola, yaitu; sosialisasi dengan berorientasi ketaatan, sosialisasi dengan cara partisipasi seseorang, menggunakan pendekatan insentif yang memiliki nilai manfaat dan memberikan rangsangan dengan mensosialisasikan ide atau gagasan tentang SMP altematif 4) Manajemen penyelenggaraan pendidikan SL TP Alternatif Qruyah yang terdiri; sistem rekrutmens pengelolaan siswa, sistem rekrutmens dan pembagian tugas guru, program kurikulum dan proses belajar mengajar, sistem evaluasi basil belajar, prestasi SL TP Altematif Qaryah Thayyibah. Direalisasikan dengan merubah adanya kekakuan birokrasi yang membelenggu dan enovasi metode pembelajaran kreatif dengan dilandasi paradigma adanya sistem kebebasan, belajar dalam kebersamaan, kemandirian, kemauan untuk belajar, suasana kegembiraan dalam pembelajaran maupun kurikukum yang berorientasi mendekatkan pada komunitas alam sekitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Abd. Rahman Assegaf |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; SPP-QT; tugas guru; hasil belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus/Pendidikan Inklusi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1) |
Depositing User: | dra. Retno Wuri W |
Date Deposited: | 26 Nov 2020 14:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 13:58 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41362 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |