PENYELESAIAN PEMBAGIAN HARTA BERSAMA BERUPA RUMAH DALAM MASA KREDIT (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KEBUMEN NOMOR PERKARA: 856/Pdt.G/2003/PA.Kbm)

Agustin Nur Utami, 02351566 (2006) PENYELESAIAN PEMBAGIAN HARTA BERSAMA BERUPA RUMAH DALAM MASA KREDIT (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KEBUMEN NOMOR PERKARA: 856/Pdt.G/2003/PA.Kbm). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENYELESAIAN PEMBAGIAN HARTA BERSAMA BERUPA RUMAH DALAM MASA KREDIT (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KEBUMEN NOMOR PERKARA: 856/Pdt.G/2003/PA.Kbm))
Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENYELESAIAN PEMBAGIAN HARTA BERSAMA BERUPA RUMAH DALAM MASA KREDIT (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KEBUMEN NOMOR PERKARA: 856/Pdt.G/2003/PA.Kbm))
Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (UUP) menerangkan bahwa harta benda yang diperolah selama perkawinan menjadi harta bersama. KHI memberikan pengertian bahwa harta bersama atau syirkah yaitu harta yang diperoleh sendiri-sendiri atau bersama-sama suami istri selama perkawinan tanpa mempersoalkan terdaftar atas nama siapapun. Pengadilan Agama Kebumen sebagai lembaga yang menangani perkara-perkara perdata di Kebumen telah menerima, memeriksa dan memutus perkara harta bersama, yang salah satu sengketanya adalah rumah yang statusnya masih kredit. Perkara ini menarik untuk dikaji karena penyusun ingin mengetahui langkah-langkah hakim dalam menyelesaikan kasus ini. Skripsi ini mennggunakan pendekatan normatif-yuridis dengan bangunan teori tematik dan penemuan hukum. Teori tematik digunakan untuk melakukan pemahaman secara utuh dan menyatu terhadap ketentuan ketentuan nas dan peraturaan hukum yang berlaku mengenai harta bersama. Teori penemuan hukum digunakan untuk mengetahui penerapan hukum yang abstrak terhadap peristiwa hukum konkrit dalam menyelesaikan perkara pembagian harta bersama terkait dengan kredit rumah. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu: data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan para hakim dalam perkara penyelesaian pembagian harta bersama terkait dengan kredit rumah. Data sekunder merupakan data yang diperoleh dari dokumen pengadilan berupa putusan pengadilan mengenai perkara pembagian harta bersama terkait dengan kredit rumah serta hasil dari studi kepustakaan terhadap buku fiqh. buku hukum umum peraturan perundang-undangan, karya tulis ilmiah dan sumber-sumber pustaka lainnya yang menunjang penelitian skripsi ini. Data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif Penyusun mempertajam analisis dengan melihat kualitas dari data yang diperoleh dan membahas secara mendalam putusan Pengadilan Agama Kebumen mengenai perkara pembagian harta bersama terkait dengan kredit rumah Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: pertama, Pembagian harta bersama berupa rumah yang masih dalam masa kredit adalah dibagi menjadi dua, ini sesuai dengn ketentuan KHI Pasal 97. kedita, Pertimbangan Majelis Hakim Pengadilan Agama Kebumen dalam memutus sengketa harta bersama berupa rumah dalam masa kredit adalah untuk menciptakan keadilan bagi para pihak berdasarkan anjuran al- Quran dan untuk kemaslahatan dan kesejahteraan anak-anak yang menjadi tanggungan mantan suaminya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Supriatna, M.Si
Uncontrolled Keywords: Harta bersama
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Perceraian dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Dra Irhamny - pustakawan
Date Deposited: 28 Nov 2020 06:44
Last Modified: 28 Nov 2020 06:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41373

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum