IJTIHAD DAN IMPLIKASINYA DALAM PROBLEMATIKA HUKUM ISLAM KONTEMPORER (STUDI KOMPARASI ANTARA YUSUF AL-QARADAWI DAN ABDULLAH AHMAD AN-NA'IM)

Denny Pramiyadi, 02361387-01 (2006) IJTIHAD DAN IMPLIKASINYA DALAM PROBLEMATIKA HUKUM ISLAM KONTEMPORER (STUDI KOMPARASI ANTARA YUSUF AL-QARADAWI DAN ABDULLAH AHMAD AN-NA'IM). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IJTIHAD DAN IMPLIKASINYA DALAM PROBLEMATIKA HUKUM ISLAM KONTEMPORER (STUDI KOMPARASI ANTARA YUSUF AL-QARADAWI DAN ABDULLAH AHMAD AN-NA'IM))
02361387-01_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IJTIHAD DAN IMPLIKASINYA DALAM PROBLEMATIKA HUKUM ISLAM KONTEMPORER (STUDI KOMPARASI ANTARA YUSUF AL-QARADAWI DAN ABDULLAH AHMAD AN-NA'IM))
02361387-01_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pada era globalisasi akan banyak perubahan dalam kehidupan manusia, yang diantaranya mungkin mempunyai banyak kemiripan dengan yang pemah ada selama ini dan diantaranya mungkin asing dan tidak dikenal selama ini. Karena seniua tindak landuk manusia harus harus berada dalam tataran hukum Allah, tentu hukum Islam harus mampu menjawab perubahan itu dengan perangkat aturan yang menempatkan tingkah laku manusia yang mengalami perubahan dalam tataran hukum Syara'. Aturan baru itu mungkin dengan cara reinterpretasi atas sumber yang selama ini telah diformulasikan oleh pakar terdahulu atau dengan cara menggali langsung dari sumber yang ada dengan menggunakan pendekatan baru dengan menjadikan kondisi yang ada sebgai bahan pertimbangan dalam hal-hal yang baru sama sekali. Sebab pada segmen-segmen hukum tertentu masih banyak hal yang belum tersentuh oleh teks-leks al-Qur'an dan Sunnah secara ekplisit. Alih-alih jika dihadapkan pada realitas sifat evolusioner kehidupan yang tentu saja masalah dan tantangan baru selalu bermunculan. Berdasarkan perspektif ini, ijtihad berada dalam posisi yang sangat menentukan, dalam kaitannya dengan pembaruan pemikiran hukum Islam kontemporer. Menurut Al-Qaradawi, dengan ijtihad Syari'ah Islam menghadapi hal-hal yang baru lengan obat yang diambil dari "apotik Islam itu sendiri. Baginya, hukum yang ditunjukkan oleh dalil yang zanni atau yang tidak mampu ada nass dan dalilnya merupakan objek luas untuk berijtihad sampai sekarang Akan tetapi pendapat yang dikemukakan Al-Qaradawi tersebut ditanggapi oleh An-Na menurutnya ijtihad untuk interpretasi dan erasi dan penerapannya dalam situasi kontemporer juga mencakup teks Al-Qur'an dan As-Sunnah hetapapım jelas dan terinci Pendek kata, pembatasan ijtihad itu harus dimodifikasi, Kajian yang dikemukakan Al-Qaradawi dan An-Na'im tentang tiad kontemporer merupakan sebuah pemikiran yang menank untuk dikaji Hal tersebut memberi kesempatan kepada penyusun untuk mengkaji lebih dalam mengenai konsepsi dan proyeksi ijtihad kontemporer menurut Al-Qurudawi dan An-Naim, mencari persamaan dan perbedaan antara pemikiran kedua tokoh tersebut Dikarenakan kajian ini merupakan kajian pembaharuan pemikiran hukum Islam kontemporer, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutik. Dengan pendekatan hermeneutik diharapkan dapat memberikan makna atau penafsiran dan interpretasi terhadap fakta-fakta sosio historis yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa masa lampau sesuai dengan konteksnya. Berdasarkan metode yang digunakan. maka terungkap bahwa sesungguhnya Al-Qaradawi dan An-Na'im menggunakan pendekatan yang sama, Perbedaanya adalah metode ijtihad Al-Qaradawi sarat dengan nuansa teori tradisional, sedangkan dalam perspektif tertentu, metode ijtihad An-Na'im merupakan alternatif terhadap wacana metodologi pembaruan pemikiran hukum Islam kontemporer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ainurrofiq M.Ag
Uncontrolled Keywords: Ijtihad , Yusuf Al-Qaradawi , Abdullah Ahmad An-Na'im
Subjects: IJTIHAD
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Dra Irhamny - pustakawan
Date Deposited: 28 Nov 2020 22:34
Last Modified: 28 Nov 2020 22:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum