PERAN GURU MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MEMPERSIAPKAN MASA BALIGH PADA PESERTA DIDIK KELAS III DAN IV MI AL KHOIRIYAH MELIKAN WONOLELO PLERET BANTUL

Anisah, 13480006 (2020) PERAN GURU MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MEMPERSIAPKAN MASA BALIGH PADA PESERTA DIDIK KELAS III DAN IV MI AL KHOIRIYAH MELIKAN WONOLELO PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MEMPERSIAPKAN MASA BALIGH PADA PESERTA DIDIK KELAS III DAN IV MI AL KHOIRIYAH MELIKAN WONOLELO PLERET BANTUL)
13480006_BAB-I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MEMPERSIAPKAN MASA BALIGH PADA PESERTA DIDIK KELAS III DAN IV MI AL KHOIRIYAH MELIKAN WONOLELO PLERET BANTUL)
13480006_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Anisah“Peran Guru Mata Pelajaran Fikih dalam Mempersiapkan Masa Balighh pada Peserta didik Kelas III dan IV MI AL Khoiriyah Melikan Wonolelo Pleret Bantul.”Skripsi, Yogyakarta:Program Studi Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2020. Fikih merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat berperan untuk menyiapkan peserta didik memasuki masa baligh.Lebih khusus lagi bagi anak-anak kelas III dan IV madrasah ibtidaiyah, bekal ilmu dan pengalaman ini menjadi hal yang sangat penting. Secara umum, anak-anak kelas III dan IV madrasah ibtidaiyah berusia sekitar 8-10 tahun yang dalam kajian fikih menjadi usia awal memasuki masa baligh.Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran mata pelajaran Fikih dalam mempersiapkan masa baligh pada peserta didik kelas III dan IV MI AL Khoiriyah dan (2) untuk mengetahui kesiapan peserta didik kelas III dan IV dalam menghadapi masa baligh. Memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman kepada anak merupakan hal penting.Bekal ini diharapkan dapat menjadikan anak siap memasuki masa penting dalam fase kehidupannya. Fase penting itu adalah masa anak memasuki usia baligh dengan segala macam problematikanya. Desain penelitian ini adalah kualitatif dimana sumber data diambil melalui penelitian lapangan (fieid research) yang bersumber dari data deskriptif analisasi.Subjek penelitian ini adalah guru matapelajaran Fikih, kepala madrasah, peserta didik kelas III dan kelas IV MI Al-Khoiriyah Melikan.Metode pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancra dan dokumentasi.Teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik pengecekan keabsahan data dengan mengunakan metode triangulasi yang memungkinkan dapat menambah keabsahan data. ix Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru mata pelajaran Fikihsangat berperan dalam mempersiapkan siswsa kelas III dan IV di MI AL Khoiriyah menghadapi masa baligh, diantaranya: peserta didik sudah memahami kewajiban mereka ketika mereka sudah baligh seperti sholat lima waktu dan puasa wajib. (2) Kesiapan peserta didik kelas III dan IV menghadapi masa baligh diantaranya: peserta didik sudah bisa menyebutkan apa kewajian peserta didik ketika sudah baligh, peserta didik juga sudah memahami mana yang wajib dan mana yang harus ditingalkan dan juga diadakanya kajian kitab dan pesantren kilat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Maemonah, M. Pd. Ag.
Uncontrolled Keywords: peran, Fikih,baligh.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 01 Dec 2020 12:50
Last Modified: 01 Dec 2020 12:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41404

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum