PENGARUH GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS III DI MI MA’ARIF SENDANG KABUPATEN KULON PROGO

Sekar Diah Wahyuningrum, 13480014 (2020) PENGARUH GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS III DI MI MA’ARIF SENDANG KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS III DI MI MA’ARIF SENDANG KABUPATEN KULON PROGO)
13480014_BAB-I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS III DI MI MA’ARIF SENDANG KABUPATEN KULON PROGO)
13480014_BAB-II_S.D._SEBELUM_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Sekar Diah Wahyuningrum, “Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Jawa pada Siswa Kelas III di MI Ma’arif Sendang Kulon Progo”, Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Guru merupakan salah satu profesi di bidang pendidikan yang membutuhkan prinsip-prinsip prefsional dimana harus memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealisme serta memiliki komitmen dan tanggungjawab besar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru sangatlah berperan penting dalam dunia pendidikan karena tanpa mereka pendidikan tidak akan berjalan dengan baik. Peran guru merupakan acuan keberhasilan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran bahasa Jawa di sekolah. Apabila terdapat kendala pada siswanya, maka guru harus mencari jalan keluar agar siswa dapat mengikuti pembelajaran bahasa Jawa dan mencapai tujuan belajarnya. Peran seorang guru tidaklah hanya sebagai pendidik saja, namun guru juga berperan sebagai pengelola kelas, motivator, konselor, dan evaluator. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah; (1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Jawa pada siswa kelas III di MI Ma’arif Sendang; (2) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Jawa di MI Ma’arif Sendang Kulon Progo. Desain penelitian ini adalah kualitatif dimana sumber data-datanya diambil melalui penelitian lapangan (field research) yang bersumber dari data-data deskriptif analisis. Subjek dan tempat penelitian ini adalah guru kelas III, siswa kelas III, dan kepala madrasah di MI Ma’arif Sendang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan ix menggunakan metode triangulasi yang kemungkinan dapat menambah keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjunkukkan: (1) Peran guru kelas III di MI Ma’arif Sendang Kulon Progo dalam meningkatkan minat belajar bahasa Jawa diantaranya: sebagai pembimbing mencapai angka 82,93% . Peran guru sebagai pengelola kelas mencapai angka 77,33%. Peran guru sebagai motivator mencapai angka 82,66%. Peran guru sebagai konselor mencapai angka 75,2%. Peran guru sebagai evaluator mencapai angka 80,26%. (2) Faktor pendukung guru dalam meningkatkan minat belajar siswa antara lain adalah: sikap siswa, lingkungan sekolah, dan kondisi pembelajaran yang baik. Sedangkan faktor pengahambat guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Jawa adalah sebagai berikut: keadaan siswa, sarana dan prasarana di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. h. Sedya Santosa, SS., M.pd.
Uncontrolled Keywords: Peran guru, bahasa Jawa.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Magang Mahasiswa
Date Deposited: 01 Dec 2020 12:50
Last Modified: 01 Dec 2020 12:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum