MOTIF DAN KEPUASAN MENONTON VIDEO DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE GUS MIFTAH OFFICIAL DI KALANGAN ANGGOTA PAC IPNU IPPNU KALASAN

Agus Sanjaya, NIM, 16210044 (2020) MOTIF DAN KEPUASAN MENONTON VIDEO DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE GUS MIFTAH OFFICIAL DI KALANGAN ANGGOTA PAC IPNU IPPNU KALASAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MOTIF DAN KEPUASAN MENONTON VIDEO DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE GUS MIFTAH OFFICIAL DI KALANGAN ANGGOTA PAC IPNU IPPNU KALASAN)
16210044_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MOTIF DAN KEPUASAN MENONTON VIDEO DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE GUS MIFTAH OFFICIAL DI KALANGAN ANGGOTA PAC IPNU IPPNU KALASAN)
16210044_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Agus Sanjaya, NIM 16210044. Motif dan Kepuasan Menonton Video Dakwah pada Channel Youtube Gus Miftah Official dikalangan Anggota PAC IPNU IPPNU Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Youtube merupakan situs media sosial yang menyediakan informasi berbasis video yang dapat ditonton oleh jutaan orang diseluruh dunia tanpa dibatasi ruang dan waktu. Perkembangan Youtube memberikan arah baru bagi terciptanya model penyampaian materi dakwah. Pemanfaatan Youtube sebagai media dakwah oleh channel Youtube Gus Miftah Official bertujuan untuk menyebarkan materi dakwah dan kegiatan-kegiatan dakwah Gus Miftah kepada para jamaahnya. Salah satu yang dilakukan anggota PAC IPNU IPPNU Kalasan dalam memenuhi kebutuhan akan informasi seputar keislaman adalah menonton video dakwah pada channel Gus Miftah Official. Dalam menonton video dakwah pada channel Youtube Gus Miftah Official, anggota PAC IPNU IPPNU Kalasan tentu memiliki motif serta kepuasan tersendiri terhadap informasi keislaman yang mereka cari dan yang ingin mereka peroleh. Hal ini sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam teori uses and gratification, dimana khalayak dalam menggunakan media massa didorong oleh berbagai motif serta kebutuhan. Kepuasan akan diperoleh manakala motif dapat terpenuhi setelah menggunakan media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan nyata dalam menonton video dakwah pada channel Youtube Gus Miftah Official di kalangan anggota PAC IPNU IPPNU Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif. Data yang telah diperoleh dari 55 responden kemudian dihitung dan dilakukan uji perbandingan sampel berpasangan atau paired sampel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan motif dalam menonton video dakwah pada channel Youtube Gus Miftah Official dapat terpuaskan karena hasil perbandingan menunjukkan mean skor GS 3,502 < GO 3,904. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti Channel Youtube Gus Miftah Official dapat memberikan kepuasan nyata secara signifikan pada penonton di kalangan anggota PAC IPNU IPPNU Kalasan dengan tingkat kepuasan yang sangat rendah. (English), Agus Sanjaya, NIM 16210044. Uses and Gratification of Watching Da'wah Videos on the Gus Miftah Official Youtube Channel among the PAC IPNU IPPNU Kalasan Members. Skripsi. Yogyakarta: Islamic Broadcasting Communication Study Program, Faculty of Da'wah and Communication, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Youtube is a social media site that provides video-based information that can be watched by millions of people around the world without being limited by time and space. The development of Youtube provides a new direction for the creation of a model delivery of da'wah material. The use of Youtube as a media for da'wah by the Gus Miftah Official Youtube Channel aims to deliver da'wah material and Gus Miftah's missionary activities to the congregation. One of the members of the PAC IPNU IPPNU Kalasan in meeting the need for information about Islam is to watch a video on the Gus Miftah Official Youtube channel. In watching da'wah videos on the Gus Miftah Official Youtube channel, members of the PAC IPNU IPPNU Kalasan certainly have their own uses and gratification with the Islamic information they are looking for and what they want to obtain. This is in accordance with what is explained in the theory of uses and gratification, where the audience in using mass media is driven by various uses and gratification. Gratification will be obtained when the motive can be fulfilled after using the media. This study aims to determine uses and gratification of PAC IPNU IPPNU Kalasan members in watching da’wah videos on the Gus Miftah Official Youtube Channel. This study uses a survey method with a quantitative approach and is a type of descriptive research. Data obtained from 55 respondents were then calculated and tested with paired sampel test. The results showed that the overall motive for watching da’wah video on the Gus Miftah Official Youtube Channel could be obtained because the comparison results showed that mean score GS 3,502 < GO 3,904. So it can be concluded that Ha is accepted and H0 is rejected which means "The Gus Miftah Official Youtube Channel can provide gratification obtained to the audience among PAC IPNU IPPNU Kalasan members with very low gratification levels"

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Muhammad Sahlan, M.Si
Uncontrolled Keywords: Motif, Kepuasan, Youtube dan Media Dakwah, Uses and Gratification, Youtube, Da'wah and Media
Subjects: Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2020 09:27
Last Modified: 30 Dec 2020 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41416

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum