ANALISIS PENERAPAN MASSIVE OPEN ONLINE COURSE DI RUANGGURU DALAM MENINGKATKAN PRODUK JASA PENDIDIKAN

Muhammad Bahaudin, NIM. 14490014 (2020) ANALISIS PENERAPAN MASSIVE OPEN ONLINE COURSE DI RUANGGURU DALAM MENINGKATKAN PRODUK JASA PENDIDIKAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENERAPAN MASSIVE OPEN ONLINE COURSE DI RUANGGURU DALAM MENINGKATKAN PRODUK JASA PENDIDIKAN)
14490014_BAB_1_Bab_Terakhir_DaftarPustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENERAPAN MASSIVE OPEN ONLINE COURSE DI RUANGGURU DALAM MENINGKATKAN PRODUK JASA PENDIDIKAN)
14490014_BAB II_S.D._Sebelum_BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Muhamad Baha udin, Analisis Penerapan Massive Open Online Course di Ruangguru dalam Meningkatkan Kualitas Produk Pendidikan. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan lembaga pendidikan non-formal yang menawarkan jasa bimbingan belajar melalui platform aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone namun tidak sedikit user yang dalam hal ini adalah siswa tidak memahami userflow dan model pembelajaran terbaru berbasis e-learning yang dalam perkembanganya menjadi mobile learning berbasis MOOC, sehingga dalam proses kegiatan belajar sering terjadi kendala dan berakibat pada tidak maksimalnya capaian hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dimulai dari menganalisis perencanaan pembelajaran dari segi produk aplikasi dan user sebagai pengguna aplikasi. Dilanjutkan dengan analisis pelaksanaan pembelajaran berbasis MOOC serta evaluasi yang diadakan dalam bentuk kuis soal. Hal ini di gunakan untuk mengetahui model pembelajaran MOOC yang diterapkan secara menyeluruh melalui analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dalam pemeriksaan keabsahan data menggunakan cara triangulasi sumber data dan teknik serta dianalisis menggunakan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis MOOC di Ruangguru masuk pada produk Ruangbelajar yang terbagi dalam tiga fase yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran dimulai dari tahap persiapan peserta didik melakukan pendaftaran atau registrasi melalui aplikasi Ruangguru dengan mengisikan form identitas. Pelaksanaan pembelajaran yang siswa tempuh semua dilaksanakan secara online melalui aplikasi Ruangguru dengan userflow siswa dapat belajar dimulai dari memilih mata pelajaran sesuai kelas yang diambil, materi disampaikan tutor dalam bentuk video belajar dilengkapi teori dan konsep yang dikombinasikan dengan animasi. Tersedia mini kuis setiap selesai video belajar serta rangkuman belajar yang berbentuk mini grafis. Dari produk yang sudah dikembangkan terdapat kekuatan produk MOOC berupa ketersediaan materi yang lengkap dari jenjang sekolah dasar, sampai sekolah menengah atas serta inovasi produk yang terus ditingkatkan. Sedangkan kelemahan produk ruangbelajar terdapat pada kompabilitas aplikasi dikarenakan materi yang tersedia dalam satu aplikasi menjadikan aplikasi Ruangguru membutuhkan penyimpanan yang besar dan spesifikasi smartphone yang tinggi serta aksebilitas jaringan pengguna sehingga terkadang video belajar tidak bisa diputar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: MOOC, Produk Pendidikan, Materi Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 22 Dec 2020 11:32
Last Modified: 22 Dec 2020 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41417

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum