IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA ”KREATIVITAS” KELAS B2 DI TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN KOMPLEK MASJID AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

MIRTAFAIQOHINI ULINUHAYA, 15430085 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA ”KREATIVITAS” KELAS B2 DI TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN KOMPLEK MASJID AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA ”KREATIVITAS” KELAS B2 DI TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN KOMPLEK MASJID AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15430085_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA ”KREATIVITAS” KELAS B2 DI TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN KOMPLEK MASJID AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15430085_BAB II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

MIRTAFAIQOHINI ULINUHAYA. Implementasi Pembelajaran Sentra “Kreativitas’Di TK IT Salsabila Al-Muthi’in Komplek Masjid Banguntapan Bantul Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai varian penerapan pembelajaran dengan model sentra, terutama sentra kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk memdeskripsikan tentang implementasi model pembelajarn sentra “kreativitas” di TK IT Salsabila Al-Muthi’in Bantul Banguntapan Yogyakarta, yaitu untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana peserta didik belajar dan guru mengajar, meperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan ( field research) dengan metode kualitatif .Subjek penelitian ini menggunakan anak usia 5-6 tahun atau kelompok kelas B2, kepala sekolah, dan guru wali kelas B2. Teknik pengumpulan data ini menggunakan pendekatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan, Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model sentra “Kreativitas di terapkan dengan baik. 1). Implementasi Pembelajaran sentra kreativitas, sebelum pelaksanaan guru melakukan kegiatan meeting teacher. Pada pelaksanaan kegiatan awal pembelajaran tersebut guru kelas B2 memberi arahan sebelum kegiatan pembeljaran di mulai, pertema peserta diidk masuk kelas serta makan snack, setelah itu peserta didik di ajak bermain di kelas ruangan sentra kreativitas, di dalam sana guru memberi penjelasan melalui lingkiran kecil agar memudahkan untuk metode tanya jawab serta siswa aktif dalam pembelajaran. Setelah itu guru wali kelas mempersiapkan bahan ajarnya melalui pos 1 pos 2 dan seeterusnya, setelah lingkaran kecil selesai peserta didik memulai untuk berkreasi sesuai urutannya 2). Faktor pendukungnya terdiri atas kurikulum,guru, siswa dan alat permainan yang sudah dipersiapakan di masing-masing ruangan sentra. Adapun faktor penghambat lemahnya guru yang masih kurang kreatif. 3). Dampak negatif Implementasi sentra kreativitas sendiri mengakibatkan anak kejenuhan akibat awal mula pembelajaran dengan metode ceramah serta kurang afektif karena keterbatasan waktu pada saat membuat hasil karya kreativitas peserta didik. Dampak positifnya siswa lebih mandiri tanpa arahan dari guru/wali kelas yang bersangkutan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suismanto, M.A
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Sentra, Kreativitas
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2020 16:16
Last Modified: 02 Dec 2020 16:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum