ANALISIS KONSEP DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KAJIAN TERHADAP BUKU 12 DASAR NILAI PERDAMAIAN KARYA ERIK LINCOLN DAN IRFAN AMALEE

Amar Yusuf, 16410032 (2020) ANALISIS KONSEP DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KAJIAN TERHADAP BUKU 12 DASAR NILAI PERDAMAIAN KARYA ERIK LINCOLN DAN IRFAN AMALEE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONSEP DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KAJIAN TERHADAP BUKU 12 DASAR NILAI PERDAMAIAN KARYA ERIK LINCOLN DAN IRFAN AMALEE)
16410032_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONSEP DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KAJIAN TERHADAP BUKU 12 DASAR NILAI PERDAMAIAN KARYA ERIK LINCOLN DAN IRFAN AMALEE)
16410032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

AMAR YUSUF. Analisis Konsep dan Metode Pendidikan agama islam; Kajian terhadap buku 12 Nilai Perdamaian karya Erik Lincoln dan Irfan Amalee. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan agama islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Latar belakang masalah penelitian ini adalah Pendidikan perdamaian yang dipandang sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang aman dan damai, Pendidikan agama islam dianggap sebagai cara untuk mempromosikan nilai-nilai perdamaian, para pakar menegaskan bahwa pendidikan agama islam sangat membantu dalam mengembangkan keshalehan siswa, namun ada beberapa pakar juga yang mengamati bahwa apabila pendidikan agama islam disampaikan dengan metode yang tidak pas akan menimbulkan islam yang ekskulif dan memecah belah. Maka dibutuhkan metode yang pas untuk menyampaikan nilai-nilai luhur dan pendidikan agama islam mampu mempromosikan Pendidikan perdamaian dalam prakteknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (liblary research). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan history Factual Aproach (pendekatan histori faktual) yaitu pendekatan penelitian tersebut berlatar pada pemikiran seorang tokoh, baik berupa karyanya atau satu topik dalam karya dengan menggunakan analisi filosofis. Pada tahap pengumpulan data, peneliti menggunakan cara meghimpun data dari berbagai literatur baik dari buku, jurnal, majalah dan internet. Tehnik yang digunakan adalah Content Analysis dimana peneliti menjabarkan hasil penelitian berkaitan dengan metode Pendidikan agama islam dalam buku 12 Nilai Perdamaian Peace Generation. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa : (1) Pendidikan perdamaian merupakan sebuah usaha sadar untuk menciptakan suasana yang harmonis, aman dan damai dengan mengarahkan manusia kedalam pribadi yang menjunjung tinggi kerukunan dan toleransi. (2) Yang menjadi alasan Erik dan Irfan untuk mengagas konsep Pendidikan perdamaian yaitu setelah melihat kerusuhan dan terror bom yang terjadi di indonesia, belum lagi kenakalan anak sekolah seperti bully dan tawuran. Kejadian menjadi cambuk bagi Irfan amalee dan Erik. Setelah Peace Generation di didirikan mereka memfokuskan diri untuk menyebarkan nilai-nilai perdamaian dan menciptakan kesejahteraan antar umat manusia (3) metode Pendidikan yang terdapat dalam buku 12 Nilai Perdamaian Peace Generation : metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi, Metode Pemberian Tugas, Metode Demonstrasi dan Metode Kisah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Pendidikan agama islam, Pendidikan perdamaian
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2020 14:47
Last Modified: 14 Dec 2020 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum