PENGARUH KEGIATAN MENTORING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU BERAGAMA DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Retno Dewi Pertiwi, 1620410062 (2020) PENGARUH KEGIATAN MENTORING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU BERAGAMA DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEGIATAN MENTORING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU BERAGAMA DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
1620410062_BAB-1_V-atau-VI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEGIATAN MENTORING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU BERAGAMA DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
1620410062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Retno Dewi Pertiwi. 1620410062. Pengaruh Kegiatan Mentoring terhadap Peningkatan Perilaku Beragama di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta. Magister Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2020. Banyaknya masalah degradasi moral di lingkungan masyarakat memerlukan terobosan bimbingan keagamaan secara intensif melalui kegiatan mentoring untuk menumbuhkembangkan karakter siswa sehingga mampu memberikan manfaat dan kenyamanan bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan mentoring, perilaku beragama, dan menguji secara empiris kegiatan mentoring dapat meningkatkan perilaku beragama di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta yang beragama Islam. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan jumlah 60 orang siswa kelas X. Pengumpulan data menggunakan instumen angket. Analisis data dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui uji korelasi product moment, sedangkan uji prasyarat dilakukan dengan melakukan uji normalitas dan uji linearitas dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kegiatan mentoring di SMA Negeri 5 Yogyakarta dalam kategori baik. Kegiatan mentoring dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan mentoring. 2) Peningkatan perilaku beragama siswa kelas X di SMA Negeri 5 Yogyakarta dalam kategori cukup. Berdasrkan teori Glock dan Stark dimensi penghayatan dan peribadatan lebih berpengaruh pada kegiatan mentoring. 3) Ada pengaruh positif kegiatan mentoring terhadap peningkatan perilaku beragama di SMA Negeri 5 Yogyakarta dengan rxy = 0,561, p<0,01. Adapun R Square sebesar 0,314 yang berarti pengaruh tersebut sebesar 31,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kegiatan mentoring, Perilaku beragama, Siswa SMA kelas X
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Komunikasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:37
Last Modified: 16 Dec 2020 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41457

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum