PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2015-2018

FENI FITRIANI PUTRI ROZI, NIM, 16840043 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2015-2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2015-2018)
16840043_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2015-2018)
16840043_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pengungkapan informasi sosial menjadi isu penting bagi investor muslim. Tuntutan umat muslim melakukan segala aktivitas sesuai dengan ajaran Al-Qur’an menciptakan tuntutan perusahaan berbasis syariah. Fenomena ini meningkatkan kesadaran perusahaan untuk melakukan pengungkapan yang lebih rinci dan detail. Berbeda dengan CSR, pengungkapan ISR memiliki 6 tema dengan 43 indikator yang lebih detail dibandingkan CSR. Sehingga ISR menjadi lebih layak diterapkan pada perusahan lebih tepatnya perusahaan dengan kriteria syariah. Pengungkapan ISR dapat dipengaruhi banyak hal, salah satunya profitabilitas, solvabilitas dan ukuran dewan komisaris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel independen seperti rasio solvabilitas, rasio profitabilitas dan ukuran dewan komisaris terhadap variabel dependen Islamic Social Reporting pada tahun 2015-2018. Jenis rasio profitabilitas yang digunakan yakni Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE), sedangkan rasio solvabilitas yang digunakan yaitu Debt Equity Ratio (DER). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar Jakarta Islamic Index 30 pada tahun 2015-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 164 data observasi yang diperoleh dari 41 perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program Eviews versi10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA dan ROE berpengaruh positif terhadap Islamic Social Reporting, dan DER berpengaruh negatif terhadap Islamic Social Reporting. Sedangkan Ukuran Dewan Komisaris tidak berpengaruh terhadap Islamic Social Reporting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M, Si., Ak, CA., ACPA.
Uncontrolled Keywords: Return on Assets, Return on Equity, Debt Equity Ratio,Ukuran Dewan Komisaris dan Islamic Social Reporting
Subjects: Bisnis Syari'ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2020 10:08
Last Modified: 17 Dec 2020 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41467

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum