STUDI PERILAKU HARIAN BERUANG MADU (Helarctos malayanus, Raffles 1821) DI KAWASAN KONSERVASI EX-SITUKEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA

Pratiwi Gita Alkhansa, 13640003 (2020) STUDI PERILAKU HARIAN BERUANG MADU (Helarctos malayanus, Raffles 1821) DI KAWASAN KONSERVASI EX-SITUKEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI PERILAKU HARIAN BERUANG MADU (Helarctos malayanus, Raffles 1821) DI KAWASAN KONSERVASI EX-SITUKEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA)
13640003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI PERILAKU HARIAN BERUANG MADU (Helarctos malayanus, Raffles 1821) DI KAWASAN KONSERVASI EX-SITUKEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA)
13640003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Beruang madu (Helarctos malayanus) merupakan salah satu jenis satwa liar yang perlu dilindungi dan dijaga kelestariannya yang memiliki status rentan (Vulnerable) karena pembukaan lahan dan perburuan liar. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kepunahan pada beruang madu adalah melalui konservasi ex-situ, seperti yang dilakukan oleh Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan perilaku beruang madu pada saat ramai dan sepi pengunjung. Perilaku yang dapat diamati yaitu perilaku makan & minum, bergerak, istirahat, sosial, dan reproduksi. Penelitian ini dilakukan 8 jam selama 3 hari saat hari kerja (sepi pengunjung) dan 3 hari saat akhir pekan (ramai pengunjung) dengan 3 kali pengulangan. Penelitian ini dilakukan dengan mencatat perilaku harian 4 beruang madu dewasa yaitu Bona (jantan), Dewi (betina), Potter (jantan) dan Cerry (betina). Metode penelitian perilaku harian menggunakan Focal Animal Sampling. Hasil penelitian menunjukkan frekuensi relatif dan durasi perilaku harian Beruang Madu (H.malayanus) jantan saat ramai dan sepi pengunjung dari tinggi ke rendah adalah bergerak (27%), makan & minum (27% dan 25%), sosial (21%), istirahat (20% dan 18%), reproduksi (7%). Sedangkan frekuensi relatif dan durasi perilaku harian Beruang Madu (Helarctos malayanus) betina saat ramai dan sepi pengunjung dari tinggi ke rendah adalah bergerak (28% dan 27%), makan & minum (26%), istirahat (21% dan 22%), sosial (18% dan 19%), dan reproduksi (7% dan 6%). Perilaku buang air (urinasi dan defekasi) tidak teramati pada penelitian ini. Perbedaan perilaku antara jantan dan betina adalah durasi aktivitas pada perilaku bergerak lebih tinggi jantan. Beruang madu di Kawasan exsituKebun Binatang Gembira Loka masih memiliki perilaku alamiah seperti di habitat asli, dikarenakan penyediaan kandang yang baik dan menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Najda Rifqiyanti, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: beruang madu(Helarctos malayanus), perilaku harian, konservasi ex-situ.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2020 10:08
Last Modified: 17 Dec 2020 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41470

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum