PENGEMBANGAN MODUL IKATAN KIMIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN

Rani Riyas Takim, NIM, 14670015 (2020) PENGEMBANGAN MODUL IKATAN KIMIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL IKATAN KIMIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN)
14670015_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL IKATAN KIMIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN)
14670015_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan modul pembelajaran yang dikaitan dengan kehidupan sehari-hari dalam mengatasi keterbatasan waktu, alat dan bahan kimia yang menjadi kendala kegiatan eksperimen kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul ikatan kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui metode eksperimen dan menganalisis kualitas modul ikatan kimia berbasis Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik kimia SMA/MA (reviewer) serta respon peserta didik terhadap modul ikatan kimia. Model pengembangan produk yang digunakan mengadaptasi model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate), namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk modul pembelajaran ini divalidasi oleh dosen pembimbing, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, serta tiga peer review. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, tiga pendidik kimia (reviewer), dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen kualitas penilaian produk berupa skala Likert dan respon peserta didik berupa skala Guttman yang terdiri dari tujuh aspek yaitu kelayakan isi/materi, komponen kebahasaan, metode eksperimen kimia, pendekatan kontekstual (CTL), penyajian, kegrafikan, dan karakteristik modul. Hasil produk modul pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu berupa pengaitan materi dan eksperimen kimia yang terdapat dalam modul dengan kehidupan sehari-hari. Modul diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas serta dapat dijadikan sumber belajar mandiri peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul ikatan kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui metode eksperimen dari ahli materi mendapat kategori Baik (B) dengan persentase 80%. Penilaian ahli media mendapat kategori Baik (B) dengan persentase 84%. Penilaian tiga reviewer (pendidik kimia) mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase 85,20%. Serta menurut respon sepuluh peserta didik mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase 93%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khamidinal S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), Eksperimen Kimia, Ikatan Kimia.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2020 10:09
Last Modified: 17 Dec 2020 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41474

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum