IMPLEMENTASI METODE OUTING CLASS DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI KB AISYIAH QURROTA A’YUN BLIMBINGREJO NALUMSARI JEPARA TAHUN 2019/2020

Rada Najmah Saidah Fais Chanda, 18204031003 (2020) IMPLEMENTASI METODE OUTING CLASS DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI KB AISYIAH QURROTA A’YUN BLIMBINGREJO NALUMSARI JEPARA TAHUN 2019/2020. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE OUTING CLASS DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI KB AISYIAH QURROTA A’YUN BLIMBINGREJO NALUMSARI JEPARA TAHUN 2019/2020)
18204031003_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE OUTING CLASS DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI KB AISYIAH QURROTA A’YUN BLIMBINGREJO NALUMSARI JEPARA TAHUN 2019/2020)
18204031003_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Rada Najmah Sa’idah Fais Chanda. 18204031003. Implementasi Metode Outing Class Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Pada Anak Usia 2-4 Tahun Di KB Aisyiyah Qurrota A’yun Blimbingrejo Nalumsari Jepara Tahun 2019/2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi metode outing class dalam mengembangkan sosial emosional pada anak usia 2-4 tahun di KB Aisyiah Qurrota A’yun Blimbingrejo Nalumsari Jepara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dengan model interaktif terdirin dari empat proses yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Implementasi metode outing class yang dilaksanakan di KB Aisyiyah Qurrota A’yun Blimbingrejo Nalumsari Jepara dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 2-4 tahun berjalan dengan baik dan sosial emosional anak dapat berkembang, didalam pelaksanaan terdapat perencanaan yang disusun sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan oting class, sebelum outing class berlangsung pendidik mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan, menjelaskan tujuan outing class, menjelaskan prosedur outing class agar outing class berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan. Pada saat outing class berlangsung pendidik membantu anak untuk menyiapkan semua yang dibutuhkan dalam kegiatan outing class, mengamati kegiatan anak untuk menilai aspek-aspek perkembangan anak khususnya aspek sosial emosional. Dengan anak mengikuti kegiatan outing class ini maka aspek sosial emosional anak dapat berkembang. Implikasi peran outing class terhadap sosial emosional anak bisa dilihat dari penilaian dan pengamatan pada saat outing class berlangsung. Ternyata terdapat akselerasi peran metode outing class terhadap perkembangan sosial emosional anak diantaranya ketika anak mengikuti kegiatan outing class terlihat aspek sosial anak yang sangat tinggi dari sebelumnya, anak bisa memahami ketika teman yang lain berbicara. Indikator yang digunakan sebagai pedoman yaitu peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI No. 137 Tahun 2014 sebagai acuan dalam penilaian sosial emosional anak, Penilaian menggunakan teknik ceklis dalam mengevaluasi aspek sosial emosional anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Outing Class, Perkembangan sosial emosional, Anak Usia 2-4 Tahun.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2020 10:58
Last Modified: 18 Dec 2020 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum