Al Inhilal Al Bi'iyyi Fi Majmu Al Qisasi Al Qasirah Funduq Al Tha'alibi Li Muhammad Al Makhzanji (dirasah Bi'iyyah Li Greg Garrard)

Hafizh Qurrota A'yun, NIM. 15110097 (2019) Al Inhilal Al Bi'iyyi Fi Majmu Al Qisasi Al Qasirah Funduq Al Tha'alibi Li Muhammad Al Makhzanji (dirasah Bi'iyyah Li Greg Garrard). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Inhilal Al Bi'iyyi Fi Majmu Al Qisasi Al Qasirah Funduq Al Tha'alibi Li Muhammad Al Makhzanji (dirasah Bi'iyyah Li Greg Garrard))
15110097_BAB-I_IV-ATAU-V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Al Inhilal Al Bi'iyyi Fi Majmu Al Qisasi Al Qasirah Funduq Al Tha'alibi Li Muhammad Al Makhzanji (dirasah Bi'iyyah Li Greg Garrard))
15110097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Karya sastra merupakan refleksi dari keadaan lingkungan. Keberadaan sastra muncul dari keadaan lingkungan di sekitar sastrawan. Banyak sastrawan memuat dalam karya sastra mereka tentang keindahan bumi karena keadaan lingkungan di sekitar mereka menunjukkan keindahan sistem ekologi yang berjalan alami. Namun, tidak sedikit sastrawan membuat karya sastra tentang kerusakan lingkungan, kesengsaraan hewan dan tumbuhan akibat kerusakan lingkungan. Kumpulan Cerpen Funduq al-Tha’a>li>b karya Muhammad Makhzanji adalah salah satu karya sastra yang menggambarkan kerusakan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kerusakan lingkungan dan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan pada kumpulan cerpen Funduq al-Tha’a>li>b. Cerpen yang menjadi sumber data ada sepuluh, yaitu Ketika Burung-Burung Kecil Menghilang, Ayah Pinguin Menyusui Anaknya, Salmon Naik Tangga, Naomi Terbang di Mimpiku, Hotel Srigala, Gila Lubang Ozon, Metwar Tak Akan Lupa Kilatan Api, Orang Asing di Kasur Danau, Kemana Perginya Warna-Warni Laut, Teka-Teki Berkurangnya Jumlah Citah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Teknik pengumpulan data tersebut berlandaskan pada pendekatan ekokritik Greg Garrard yaitu pencemaran, hutan belantara, bencana, pemukiman, binatang, dan bumi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Dengan metode ini peneliti akan mendeskripsikan masalah-masalah ekologi dan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Funduq al-Tha’a>li>b dengan menggunakan pendekatan ekokritik Greg Garrard. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bentuk kerusakan lingkungan yang ada dalam kumpulan cerpen Funduq al-Tha’a>li>b yaitu pembangunan tidak ramah lingkungan, putusnya rantai makanan, dan pemanasan global. Hasil penelitian ini juga mendeskripsikan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan berupa interaksi positif dan interaksi negatif. Jika manusia menjaga keseimbangan ekosistem, maka manusia sebagai salah satu komponen ekosistem akan terjaga kehidupannya. Jika manusia merusak keseimbangan ekosistem, maka kehidupan manusia akan menemui kehancuran. Kata kunci: Ekokritik, Greg Garrard, Funduq al-Tha’alib, Muhammad Makhzanji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ridwan, S. Ag M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Ekokritik, Greg Garrard, Funduq al-Tha’alib, Muhammad Makhzanji.
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2020 14:10
Last Modified: 01 Dec 2020 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum