Al Junun Li Gibran Khalil Gibran Wa Mawqi'uhu Min Khitabi Al Junun Fi Al Adab (dirasah Tahliliyyah Taqlidiyyah)

Widayanti Dwi Purnama, NIM. 15110107 (2019) Al Junun Li Gibran Khalil Gibran Wa Mawqi'uhu Min Khitabi Al Junun Fi Al Adab (dirasah Tahliliyyah Taqlidiyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Junun Li Gibran Khalil Gibran Wa Mawqi'uhu Min Khitabi Al Junun Fi Al Adab (dirasah Tahliliyyah Taqlidiyyah))
15110107_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Al Junun Li Gibran Khalil Gibran Wa Mawqi'uhu Min Khitabi Al Junun Fi Al Adab (dirasah Tahliliyyah Taqlidiyyah))
15110107_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Al Junu>n Li Jibran Khalil Jibran (Dira>sah Tah{li>liyah Taqli>diyyah) merupakan skripsi yang membahas tentang makna gila yang terdapat didalam antologi cerpen Al Majnu>n karya Jibran Khalil Jibran. Jibran Kahlil Jibran merupakan seorang penyair, seniman, dan filsuf Timur Tengah yang namanya populer karena karya-karya fenomenalnya. Ia menuangkan ide kreatif serta imajinasinya dalam sebuah karya sastra. Salah satunya dalam karyanya antologi cerpen yang berjudul Al Majnu>n yang menggambarkan kepribadian gila yang bukan sebenarnya. Untuk mengetahui makna gila yang terdapat dalam cerpen ini, maka penelitian ini menggunakan teori tradisional yang merujuk pada biografis penulis dan makna moral filosofis yang terdapat didalam karya sastra. Dari 35 cerpen yang terdapat dalam antologi cerpen Al Majnu>n, hanya delapan cerpen yang menjadi sumber data dalam penelitian ini, yaitu Kaifa S{urtu Majnu>nan, Alla>h, Allail wal Majnu>n, Al Bah{rul A’d{om, Al H{ani>n Al A’d{om, Al ‘Ainu, Al Madi>nah Al Muba>rokah, dan Al Mas{lu>b. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Teknik tersebut berlandaskan pada pendekatan Tradisional, yaitu pendekatan melalui biografi pengarang cerpen tersebut. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Dengan metode ini peneliti akan mendeskripsikan makna gila yang terdapat dalam antologi cerpen Al Majnu>n. Adapun hasil dari penelitian ini mengungkap gambaran gila yang terdapat dalam sebagian cerpen yang terdapat di antologi cerpen Al Majun>, mengetahui kedudukan gila dalam karya sastra Arab sebelum Jibran Khalil Jibran, dan mengetahui kedudukan gila dalam karya sastra dunia. Kata kunci: Tradisional, Gila, Cerpen, Jibran Khalil Jibran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Khairon Nahdiyyin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Tradisional, Gila, Cerpen, Jibran Khalil Jibran.
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2020 14:19
Last Modified: 01 Dec 2020 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41485

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum