PEWARNAAN DIFERENSIAL UNTUK TULANG DAN TULANG RAWAN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR STRUKTUR SKELETON VERTEBRATA

ROHMAT ISNAINI PARDIYANTO, 00450101 (2005) PEWARNAAN DIFERENSIAL UNTUK TULANG DAN TULANG RAWAN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR STRUKTUR SKELETON VERTEBRATA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEWARNAAN DIFERENSIAL UNTUK TULANG DAN TULANG RAWAN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR STRUKTUR SKELETON VERTEBRATA)
00450101_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEWARNAAN DIFERENSIAL UNTUK TULANG DAN TULANG RAWAN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR STRUKTUR SKELETON VERTEBRATA)
00450101_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kombinasi dari dua penelitian yaitu penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mengetahui letak tulang dan tulang rawan serta struktur skeleton vertebrata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pewarnaan alizarin red S alcian blue yang menyebabkan warna merah pada tulang dan warna biru pada tulang rawan. Hewan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mencit (Mus muculus), burung Emprit (Munia leucogaster), Nila (Tilapia nilotica), Cicak (Hemidactylus frenatus) dan Katak (Rana sp ). Hasil pewarnaan menunjukkan bahwa tulang terletak hampir pada seluruh skeleton vertebrata. Hasil tersebut dibuktikan dari warna merah yang mendominasi seluruh skeleton hewan uji. Sedangkan tulang rawan terletak diantara ruas-ruas tulang belakang, ruas-ruas persendian, tulang hidung dan tulang daun telinga, dibuktikan dari warna biru yang mewarnai bagian-bagian tersebut pada hewan uji. Struktur skeleton vertebrata terdiri dari: tengkorak (cranium), tulang badan (skeleton trunci), tulang bahu (cingulum membri anterior) tulang gelang pinggul (cingulum membri posterior) dan tulang anggota gerak (skeleton ekstremitas). Namun untuk ikan tidak memiliki tulang bahu dan tulang pinggul. Penelitian eksperimen sebagai hasil pewarnaan di atas ditujukan untuk media belajar sub pokok bahasan kerangka hewan Vertebrata. Populasi yang diteliti adalah semua siswa kelas II MTsN laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta. Untuk mengetahui validitas dan reabilitas instrumen tes terlebih dahulu diujicobakan di luar sampel penelitian. Analisis butir uji coba instrumen meliputi uji validitas dan reabilitas, dengan menggunakan rumus produk momen diperoleh untuk pre test r 11 = 0,828 dan post test r 11 = 0,823 Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa basil belajar siswa yang menggunakan media preparat makroskopis skeleton vertebrata basil pewarnaan alizarin red S alcian blue lebih tinggi daripada yang men.ggunakan media carta, terbukti dari uji hipotesis yang menunjukan trutung sebesar 2,904 kemudian dibandingkan dengan ttabel taraf signifikasi 5% adalah 2,68. Hasil di atas menunjukan bahwa penggunaan media preparat makroskopis basil pewarnaan alizarin red S alcian blue berpengaruh lebih tinggi dibanding dengan media carta terhadap hasil belajar siswa sub pokok bahasan struktur skeleton vertebrata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Maizer Said Nahdi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: PEWARNAAN DIFERENSIAL UNTUK TULANG, TULANG RAWAN, STRUKTUR SKELETON VERTEBRATA
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 02 Dec 2020 10:42
Last Modified: 17 Dec 2020 16:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum