KOMPETENSI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKS-KONTEKS DAN TEKS PADA MATERI .JARINGAN HEWAN SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2004/2005.

ULFATU SHARIFAH, NIM. 00450102 (2005) KOMPETENSI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKS-KONTEKS DAN TEKS PADA MATERI .JARINGAN HEWAN SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELA.JARAN TEKS-KONTEKS DAN TEKS PADA MATERI .JARINGAN HEWAN SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2004/2005)
00450102_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELA.JARAN TEKS-KONTEKS DAN TEKS PADA MATERI .JARINGAN HEWAN SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2004/2005)
00450102_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan ketercapaian kompetensi belajar biologi siswa jika model pembelajarannya menggunakan Teks-Konteks dan Teks, apakah ketercapaian kompetensi belajar biologi siswa lebih tinggi dengan model pembelajaran Teks-Konteks dibanding teks, dan apakah faktor pendukung dan penghambat ketercapaian kompetensi belajar biologi dengan model pembelajaran Teks-Konteks pada materi jaringan hewan siswa kelas XI IP A MAN Y ogyakarta III. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IP A sebanyak 2 kelas, yaitu XI IP A 1 dan XI IP A 2. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen tes terlebih dahulu diuji cobakan di luar sampel penelitian. Analisis butir uji coba instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas, dengan menggunakan rumus produk momen diperoleh r 11 = 0, 877 Basil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kompetensi belajar biologi siswa jika model pembelajarannya Teks-Konteks dan Teks Uji Wilcoxon Signed Ranks Test memutuskan menolak Ho dan menerima Ha. Pada model pembelajaran Teks-Konteks, kompetensi yang dicapai 4 yaitu kognitif/PPK, afektif/sikap, psikomotorik dan life skill. Pada model tersebut tercapai 7 komponen utama pembelajaran ak.1:if, yaitu construktivism, inquiry, questioning, learning community, modeling, reflection dan authentic assesment. Pada model pembelajaran Teks kompetensi yang dicapai hanya 3 yaitu Kognitif/PPK, Afektif/Sikap, dan life skill. Komponen utama pembelajaran aktif yang dicapai hanya 5 yaitu constructivism, questioning, learning community, reflection dan authentic assessment. Hipotesis kedua menujukkan kompetensi belajar biologi materi jaringan hewan dengan model pembelajaran Teks-Konteks lebih tinggi dibanding Teks. Uji Wilcoxon Signed Ranks Test menyatakan rangking Teks-Konteks 2:: Teks lebih tinggi dari Teks 2:: Teks-Konteks. Model pembelajaran Teks-Konteks pada materi jaringan hewan siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Y ogyakarta III Tahun Pelajaran 2004/2005 didukung oleh SDM guru ideal, guru selalu membuat Rencana Pembelajaran dan LKS tiap kali pertemuan, siswa mampu diajak melakukan pembelajaran aktif dan sarana prasarana pembelajaran cukup lengkap (buku teks dan alat&bahan praktikum). Namun pelaksanaan model ini dihambat oleh perlukan kesiapan dalam menentukan Teks dan penyusunan LKS, diperlukan perencanaan yang benar­benar matang dan teliti agar pembelajaran efektif dan belajar lancar, perlu waktu yang relatif lama, perlu dana yang cukup besar untuk menyediakan alat-alat dan bahan praktikum, perlu kreatifitas dan strategi guru dalam penyusunan dan waktu pembagian LKS serta tidak semua siswa memilki buku teks sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SITI NURROHMAH, S.Pd
Uncontrolled Keywords: BELAJAR BIOLOGI, MODEL PEMBELAJARAN TEKS-KONTEKS, JARINGAN HEWAN
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 02 Dec 2020 11:15
Last Modified: 05 Dec 2020 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41492

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum