PENINGKATAN KEMAMPUAN ASKING QUESTION DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI IMPLEMENTASI ACCELERATED LEARNING P ADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM SARAF PADA SISWA KELAS VIII A MTsN WONOKROMO

MUAKHIROH, 00450393 (2005) PENINGKATAN KEMAMPUAN ASKING QUESTION DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI IMPLEMENTASI ACCELERATED LEARNING P ADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM SARAF PADA SISWA KELAS VIII A MTsN WONOKROMO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN ASKING QUESTION DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI IMPLEMENTASI ACCELERATED LEARNING P ADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM SARAF PADA SISWA KELAS VIII A MTsN WONOKROMO PLERET BANTUL)
00450393_BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN ASKING QUESTION DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI IMPLEMENTASI ACCELERATED LEARNING P ADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM SARAF PADA SISWA KELAS VIII A MTsN WONOKROMO)
00450393_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas Accelerated Learning untuk dapat meningkatkan kemampuan Asking Question dan pemahaman konsep Sistem Saraf pada siswa kelas VIIIA MTsN Wonokromo Pleret Bantul. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui seberapa efisien penggunaan Accelerated Learning dalam peningkatan kemampuan Asking Question dan pemahaman konsep Sistem Saraf pada siswa kelas VIIIA MTsN Wonokromo Pleret Bantul. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang mengacu pada spiral penelitian tindakan kelas model Hopskin yang terdiri dari empat tahapan yang merupakan titik estafet dalam satu siklus. Faktor yang diselidiki adalah aktivitas siswa pada saat pembelajaran, kualitas pertanyaan siswa, tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran, nilai pre-test dan post-test. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara inferensial dengan uji-t terhadap hasil nilai pre-test dan post-test dari siklus I sampai dengan siklus III dan nilai post-test dari siklus I sampai dengan siklus III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Accelerated Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan Asking Question dan pemahaman konsep siswa. Terbukti dengan naiknya nilai rata-rata pre-test ke post-test dari tiap siklusnya. Akan tetapi kualitas pertanyaan siswa masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan adanya pertanyaan siswa yang didominasi oleh tipe pertanyaan Cl meski sudah sampai siklus Ill. Peningkatan kemampuan Asking Question dan pemahaman konsep siswa barn terlihat setelah dilakukan tiga siklus penelitian tindakan kelas. Hal ini disebabkan kurangnya variasi metode dari guru dalam penyampaian pembelajaran sehingga siswa bosan yang pada akhimya menyebabkan tingkat pemahaman siswa terhadap suatu materi berbeda-beda antara siswa yang satu dengan yang lainnya, dan faktor yang lain yaitu kesiapan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Paidi, M.Si
Uncontrolled Keywords: ASKING QUESTION, IMPLEMENTASI ACCELERATED LEARNING, KONSEP SISTEM SARAF
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 02 Dec 2020 12:54
Last Modified: 02 Dec 2020 12:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41496

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum