PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM BAGI KADER PEMULA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DEWAN PIMPINAN CABANG UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN KURIKULUM TARBIYAH ISLAMIYAH

Siti Inna Fitria, NIM : 00470011 (2006) PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM BAGI KADER PEMULA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DEWAN PIMPINAN CABANG UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN KURIKULUM TARBIYAH ISLAMIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM BAGI KADER PEMULA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DEWAN PIMPINAN CABANG UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN KURIKULUM TARBIYAH ISLAMIYAH)
00470011_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM BAGI KADER PEMULA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DEWAN PIMPINAN CABANG UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN KURIKULUM TARBIYAH ISLAMIYAH)
00470011_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Siti Inna Fitria. Pembentukan Kepribadian Muslim Bagi Kader Pemula Partai Keadilan Sejahtera Dewan Pimpinan Cabang Umbulharjo Kota Yogyakarta Berdasarkan Kurikulum Tarbiyah lslamiyah. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini berrtujuan untuk mengetahui konsep kepribadian muslim, dan tentang kurikulum tarbiyah Islamiyah dalam membentuk kepribadian muslim bagi kader pemula di DPC Umbulharjo Partai Keadilan Sejahtera Kota Yogyakarta. Metode Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subyek atau sumber data dalam penelitian ini adalah ketua DPC Umbulharjo, kepengurusan bagian kaderisasi. para murobbi dan murobbiyah sebanyak l00, dan kader pemula (mutarobbi) sebanyak 652. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Ukuran sampel untuk murobbi, murobbiyah ditentukan berdasarkan pendapat Suharsimi Arikunto, yaitu I0% dari jumlah populasi. Sehingga berdasarkan ketentuan tersebut jumlah sampel yang diambil sebanyak 10 murobbi. Sedangkan pengambilan ukuran sampel untuk kader pemula (mutarobbi) 15 % dari jumlah populasi. Sehingga berdasarkan ketentuan tersebut jumlah sampel yang diambil sebanyak 97,8 (dibulatkan 98). Pcngumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan bahwa konsep kepribadian muslim menurut PKS itu tidak jauh beda dengan konsep-konsep pemikiran para tokoh Islam yang lain akan tetapi, PKS lebih pada penerapannya dalam kehidupan schari-hari jadi konsep-konsep tersebut tidak hanya ada di atas kertas, atau sekedar bahan ceramah saja tetapi memang betul-betul dievaluasi apakah nilai­-nilai itu sudah teraplikasikan oleh para kadernya. Untuk proses pembentukan kepribadian muslim yang dilakukan PKS bagi para kadernya yaitu melalui apa yang dikenal dengan istilah tarbiyah, dimana tarbiyah merupakan sebuah proses yang bermaksud menghantarkan kadernya menuju kepada sebuah kesempurnaan dalam artian pada batas kemanusiaan yaitu usaha-usaha perbaikan diri dan umat untuk mencapai kondisi yang lebih baik yang orientasinya dikembalikan pada aturan-aturan dari Allah. Sedangkan hasil yang telah dicapai dari proses tarbiyah bagi para kader pemula (pada aspek matinul khuluq) belum dapat mencapai target secara maksimal hal ini sebabkan adanya beberapa hambatan yang akan mempengaruhi pencapaian target secara maksimal antara lain: kurangnya kesadaran dari peserta tarbiyah untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik, ketidaksiplinan peserta tarbiyah untuk hadir dalam majlis tarbiyah, karena dominan kalangan mahasiswa dari segi waktu kurang efektif karena dominan mahasiswa menyesuaikan dengan kalender akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: KEPRIBADIAN MUSLIM, KADER PEMULA, PARTAI KEADILAN SEJAHTERA, DEWAN PIMPINAN CABANG UMBULHARJO BERDASARKAN KURIKULUM TARBIYAH ISLAMIYAH
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 02 Dec 2020 18:17
Last Modified: 17 Dec 2020 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum