PENGARUH EKSTRAK SAMPAH ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM CABUT (Amaranthus tricolor L) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA

WAHYUNINGTYAS, 00450072 (2005) PENGARUH EKSTRAK SAMPAH ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM CABUT (Amaranthus tricolor L) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH EKSTRAK SAMPAH ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM CABUT (Amaranthus tricolor L) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA)
00450072_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH EKSTRAK SAMPAH ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM CABUT (Amaranthus tricolor L) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA)
00450072_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Sampah organik yang selama ini dikenal sebagai hmbah oleh masyarakat jarang dimanfaatkan, biasanya sampah tersebut langsung dibuang begitu saja sampai menggunung bahkan dapat menimbulkan banyak penyakit. Padahal, sampah organik tersebut jika diekstrak terlebih dahulu mempunyai komposisi yang cukup baik untuk dijadikan pupuk organik karena memiliki banyak kandungan seperti Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalsium (Ca) yang dibutuhkan oleh tumbuhan sebagai hara. Dengan demikian ekstrak sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai penambah zat hara bagi tanaman, khususnya tanaman bayam cabut. Amaranthus tricolor L yang lebih dikenal dengan nama bayam cabut merupakan salah satu jenis sayuran dari famili Amaranthaceae yang mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi dan memadai. Umumnya tanaman ini dipanen sebelum fase generatif kecuali untuk mendapatkan biji dalam rangka usaha pemuliaan. Untuk itu pembudidaya tanaman ini memerlukan suatu kondisi yang baik dalam pertumbuhannya, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah pupuk. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan rancangan pola RAL (Rancangan Acak Lengkap ). Tingkat konsentrasi yang digunakan adalah 0% sebagai kontrol. 25%, 50%. 75% dan 100% sebagai perlakuan masing-masing dengan 3 kali ulangan. Hasil Penelitian yang dianalisis melalui uji Anava dan uji DMRT sebagai uji lanjut menunjukkan bahwa pemberian ekstrak sampah organik dapat memacu pertumbuhan tanaman bayam cabut (Amaranthus tricolor L). Proses dan Produk penelitian ini dapat dijadikan sebagai altematif sumber belajar biologi dalam pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan di SMA. Hasil penelitian yang berupa proses meliputi perumusan masalah, perumusan tujuan, perumusan -hipotesis, perumusan prosedur kerja, pelaksanaan kegiatan penelitian, mengumpulkan data, analisis data, pembahasan hasil penelitian, penarikan kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil pe,nelitian. Hasil penelitian yang berupa produk penelitian meliputi fakta dan konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sajino. M.S
Uncontrolled Keywords: Ekstrak sampah organik, pertumbuhan, tanaman bayam cabut (Amaranthus tricolor L)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 03 Dec 2020 12:25
Last Modified: 03 Dec 2020 12:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41504

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum