'URF SEBAGAI DASAR PENETAPAN WAKAF UANG (KAJIAN TERHADAP KITAB RADD AL-MUHTAR 'ALA-AD-DURR AL-MUKHTAR KARYA IBNU 'ABIDIN)

MUHAMMAD IHSAN, NIM. 01350983 (2006) 'URF SEBAGAI DASAR PENETAPAN WAKAF UANG (KAJIAN TERHADAP KITAB RADD AL-MUHTAR 'ALA-AD-DURR AL-MUKHTAR KARYA IBNU 'ABIDIN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text ('URF SEBAGAI DASAR PENETAPAN WAKAF UANG (KAJIAN TERHADAP KITAB RADD AL-MUHTAR 'ALA-AD-DURR AL-MUKHTAR KARYA IBNU 'ABIDIN))
01350983_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text ('URF SEBAGAI DASAR PENETAPAN WAKAF UANG (KAJIAN TERHADAP KITAB RADD AL-MUHTAR 'ALA-AD-DURR AL-MUKHTAR KARYA IBNU 'ABIDIN))
01350983_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Salah satu permasalahan fikih yang masih diperdebatkan oleh kalangan ulama fikih adalah masalah wakaf uang, hal ini, karena wakaf uang ridak dijelaskan secara rinci dalam nash al-Qur'an dan as-Sunnah. Al-Qur'an hanya memberikan penjelasan wakaf secara umum, sedangkan as-Sunnah menjelaskan berbagai bentuk wakuf yang dianjurkan dalam Islam. Hal ini, kcmudian mcngusik pcrhatian lbnu 'Abidin sala11 satu tokoh mazhab Hanafi dalam memberikan alternatif jawaban yang dipandang dapat mernberikan solusi permasalahan wakaf uang tersebut. Dalam rnernberikan pernecahan terhadap permasalahan wakaC beliau menggunakan pendekatan usu! fikih, yaitu pendekatan 'wf Dalam hukurn Islam 'w/ merupakan salah satu dalil yang masih diper .clisihkan oleh ulama usu! fikih tcntang kcberadaan 'urf sebagai dalil dalam hukum [slam, karena 'urf termasuk salah satu dalil yang tidak berdiri sendiri yang masih membutuhkan dalil yang lain dalam menguatkan keberadaannya. Untuk mencapai kesimpulan pandangan Ibnu 'Abidin, penyusun menggunakan studi kepustakaan yang bersifat deskripttf'ana/isis de.igan pendekatan nhrmar[f; yaitu pendekatan yang berbasis pada teori-teori dan kaidah-kaidah 'wf Selurnh data dianalisa dengan metode deduksi dan induksi, yaitu dengan mendeskripsikan pandangan Ibnu 'Aoidin tentang 'urf sebagai dasar penetapan wakaf uang, serta metode induksi, yaitu menganalisa metode yang digunakan lbnu 'Afiidin untuk menentukan kesimpulan yang bcrsifat umum yaitu pandangan bcliau tcntang ,'111/yang kemudian dikaitkan dengan penetapan wakaf uang. Pada kesimpulannya, dalam menetapkan hukum kebolehan wakaf uang lbnu 'Af>idiii menggunakan 'wf ama!i yang masih berlaku dan diprakt kan oleh mayoritas masyaralat bukan oleh minoritas masyarakat di suatu tempat, karena 'urf mempunyai peranan yang penting dalam membina hukum Islam, yaitu sebagai penopang untuk mencapai kemaslahatan yang menjadi tujuan-tujuan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs.R. DAHWAN, M.SI 2. SITI JAZIMAH, S.AG. M.SI
Uncontrolled Keywords: 'urf, wakaf, KITAB RADD AL-MUHTAR 'ALA-AD-DURR AL-MUKHTAR KARYA IBNU 'ABIDIN)
Subjects: Wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2020 10:27
Last Modified: 14 Dec 2020 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum