URGENSI METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK (Perspektif Pendidikan Islam)

Eka Yuliana, 0047 0234 (2005) URGENSI METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK (Perspektif Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (URGENSI METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK (Perspektif Pendidikan Islam))
00470213_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (URGENSI METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK (Perspektif Pendidikan Islam))
00470213_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Eka Yuliana. Urgensi Metode Pembiasaan dalam Pembentukan Perilaku Keagamaan pada Anak (Perspektif Pendidikan Islam). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam. Fakultas Tarbiyah. UIN Sunan Kalijaga. 2005 Penelitian skripsi ini bertujuan untuk menjawab fenomena dalam masyarakat mengenai maraknya bentuk-bentuk perilaku menyimpang khususnya yang berkaitan dengan ajaran, dan norma maupun etika agama. Dalam hal ini agama Islam. Penerapan metode pembiasaan menjadi sangat urgent diberikan kepada anak scjak kecil, khususnya oleh orangtua. Di mana orangtua sebagai pendidik pertama dalam keluarga. Dengan tindakan prevent![ inilah diharapkan dapat terbentuk perilaku-perilaku keagamaan yang baik yang akan terbawa hingga ia dewasa. Sehingga ada keotomatisan dalam bentuk rutinitas yang menjadi label dari segala bentuk perilakunya, tentunya hal ini sesuai dengan barapan dan tujuan pendidikan Islam. Metode penelitian di sini masuk dalam kategori penelitian pustaka atau library research yang merujuk pada beberapa sumber buku primer dan sekunder yang berkaitan dengan pembahasan skripsi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yang meliputi pengumpulan data, penyusunan, analisis serta interpretasi data dan diak:hiri dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: I) keberadaan metode pembiasaan mempunyai andil yang cukup penting di samping metode­metode lain dalam pendidikan Islam, sebagai usaha preventif untuk mengantisipasi terbentuknya perilaku buruk atau menyimpang pada anak yang dapat terbawa saat ia dewasa. Sehingga dengan keberadaan metode pembiasaan ini diharapkan akan terbentuk perilaku-perilaku yang keagamaan yang sesuai dan menjadi suatu keotomatisan saat anak beranjak dewasa. 2) metode pembiasaan diterapkan khususnya oleh orangtua kepada anak terutama anak usia pra sekolah atau usia early childhood ( usia 3-6 tahun) disertai dengan contoh dan praktek nyata tentang beberapa perilaku yang sesuai dengan usia perkembangan anak. Mengingat anak usia dini mempunyai kecenderungan sifat meniru atau imitatif maka akan lebih mudah bagi orangtua untuk menerapkan, mengajarkan, membimbing, maupun mendidik anak dengan pembiasaan-pembiasaan yang baik dengan disertai contoh dari orangtua sebagai patokan anak dalam membentuk perilakunya. 3) orangtua perlu memperhatikan beberapa faktor dalam menerapkan metode pembiasaan ini di antaranya sebagai berikut: faktor intem (psikologi), ekstem (lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat), dan bentuk pola asuh orangtua terhadap anak. Ketiga faktor ini sangat mempengaruhi basil diterapkannya metode pembiasaan pacla anak dalam upaya membentuk perilaku keagamaan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra.Nurrohmah
Uncontrolled Keywords: URGENSI, METODE PEMBIASAAN, PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK, Perspektif Pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 16 Dec 2020 12:47
Last Modified: 16 Dec 2020 12:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum