METODE PENETAPAN HUKUM ZAKAT PROFESI (STUDI KOMPARASI TERHADAP PEMIKIRAN YUSUF AL-QARA QA WI DAN JALALUDDIN RAKlfMAT)

SURIADI, NIM, 00360396 (2006) METODE PENETAPAN HUKUM ZAKAT PROFESI (STUDI KOMPARASI TERHADAP PEMIKIRAN YUSUF AL-QARA QA WI DAN JALALUDDIN RAKlfMAT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KAI..IJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENETAPAN HUKUM ZAKAT PROFESI (STUDI KOMPARASI TERHADAP PEMIKIRAN YUSUF AL-QARA QA WI DAN JALALUDDIN RAKlfMAT))
00360396_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (METODE PENETAPAN HUKUM ZAKAT PROFESI (STUDI KOMPARASI TERHADAP PEMIKIRAN YUSUF AL-QARA QA WI DAN JALALUDDIN RAKlfMAT))
00360396_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Pergumulan pemikiran dalam masalah zakat profesi bukanlah hal yang baru. Banyak ulama yang memperbincangkannya dalam diskusi, dialog maupun dalam sebuah konferensi atau muktamar. Dengan demikian banyak keputusan dan kesepakatan yang dihasilkan. Akan tetapi di balik itu semua tidak dapat dipungkiri adanya perbedaan diantara ulama, terutama dalam metode penetapan hukum zakat profesi. Dari sekian banyak ulama yang memperbincangkan tentang zakat profesi, penyusun melirik pemikiran Yusuf al-Qaradawi dan Jalaluddin Rahmat sebagai bahan dalam skripsi ini. Kedua tokoh tersebut merupakan aktivis dakwah yang sangat militan dan consent dengan pemikiran Islam, terutama dalam masalah fiqh. Namun kedua berbeda pandangan dalam menetapkan suatu hukum. Begitu juga dalam masalah zakat profesi ini. Yusuf al-Qaradawi menggunakan metode qiyas, sedangkan Jalaluddin Rahmat menolak penggunaan qiyas dalam menetapkan hukum zakat profesi. Mereka mengajukan beberapa argumen dengan landasan yang sama-sama kuat, yakni berlandaskan al-Qur'an, hadis dan riwayat para sahabat dan tabiin. Setelah penyusun melakukan penelusuran terhadap pemikiran keduanya, penyusun menemukan beberapa sebab mengapa terjadi perbedaan cara pandang dalam metode penetapan hukum zakat profesi. Sebab utama adalah tidak adanya na

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Dahwan, M.Si
Uncontrolled Keywords: METODE PENETAPAN HUKUM ZAKAT PROFESI
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 17 Dec 2020 10:33
Last Modified: 17 Dec 2020 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum