KONSEP BERMAIN DAN PERANANNYA BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (Perspektifi Psikologi Pendidikan)

MOCH. ARIS FAHMI, NIM: 0047 0463 (2005) KONSEP BERMAIN DAN PERANANNYA BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (Perspektifi Psikologi Pendidikan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP BERMAIN DAN PERANANNYA BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (Perspektifi Psikologi Pendidikan))
00470213_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP BERMAIN DAN PERANANNYA BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (Perspektifi Psikologi Pendidikan))
00470213_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Akhir-akhir ini berkembang kecenderungan di masyarakat untuk memperkenalkan berbagai cara kegiatan belajar sejak masa kanak-kanak sedini mungkin. Orang awam mudah terkesan dan mudah menyaksikan betapa pendekatan pembelajaran dengan cara dan sarana tertentu menjadikan seseorang anak cepat pintar atau trampil, misalnya bermain komputer. Hal ini menyebabkan orang tua kurang memperhatikan perkembangan anak mereka melalui kegiatan bermainnya, terutama perkembangan sosialnya. Karena orangtua belum paham betul akan pribadi anak secara utuh, serta belum paham akan nifai-nilai yang terkandung dalam bermain. Maka, apa tidak ada permainan yang lebih baik bagi perkembangan fungsi kognitif, motorik, sosial anak usia 3 tahun dibandingkan dengan kecanduannya bermain games pada Komputer? Bagi anak, bermain bersama dengan teman sebaya adalah merupakan salah satu syarat kemajuan bagi anak dan banyak mengandung nilai-nilai pendidikan. Berangkat dari masalah diatas kiranya bisa dirumuskan masalah yang memungkinkan dikaji, yaitu, bagaimana perkembangan anak prasekolah dalam pendidikan, bagaimana konsep bermain, dan bagaimana konsep bermain dan peranannya bagi perkembangan sosial anak prasekolah dalam pendidikan Islam. Metode yang dipakai dalam penelitian ini merupakan metode library research tentang konsep bermain dan peranannya bagi perkembangan sosial anak prasekolah perspektif pendidikan Islam. Sifat penelitian ini adalah deskriptif­analitis, dan · menggunakan pendekatan filosofis serta pendekatan psikologis. Pendekatan filosofis digunakan untuk mencari jawaban secara mendasar tentang aspek-aspek pendidikan Islam mengenai permasalahan tersebut. Sedangkan pendekatan psikologis lebih melihat bermain dari segi kekuatan-kekuatan pada diri anak sebagai penentu perkembangannya, seperti intelegensi, kesehatan, social, dan emosi serta disposisi kepribadian lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto
Uncontrolled Keywords: KONSEP BERMAIN, PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH, Perspektifi Psikologi Pendidikan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 17 Dec 2020 11:40
Last Modified: 17 Dec 2020 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41586

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum