PROGRAM "HAFIDHIL QUR'AN" PADA SANTRI MADRASAH SALAFIYAH II PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

Agus Suadak, NIM: 01410654 (2006) PROGRAM "HAFIDHIL QUR'AN" PADA SANTRI MADRASAH SALAFIYAH II PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM "HAFIDHIL QUR'AN" PADA SANTRI MADRASAH SALAFIYAH II PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
01410654_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM "HAFIDHIL QUR'AN" PADA SANTRI MADRASAH SALAFIYAH II PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
01410654_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

AGUS SUADAK. Program "Hafidhil Qur'an" Pada Santri Madrasah Salafiyah Ii Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap problematika \/ menghafal materi al Qur'an pada Santri Madrasah Salafiyah II pondok pesantren al Munawwir Krapyak Yogyakarta dan usaha-usaha yang dilakukan untuk pemecahan masalah tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mejadi bahan pertimbangan dalam proses menghafal materi al Qur' an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Salafiyah II Pondok Pesantren al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari data itulah maka ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan Trianggulasi dengan dua modus yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan : 1). Program menghafal materi al Qur'an pada santri Madrasah Salafiyah: II meliputi beberapa komponen yaitu : a). santri. b). Ustadz. c). Materi. d). Metode menghafal. e). Lingkungan. 2. Faktor- yang menghambat dalam menghapal materi al Qur'an dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: a). Dari internal santri; 1. Beban materi hafalan.2. Manajemen waktu, 3. Pikiran yang mengganggu konsentrasi, 4. Kejenuhan dan putus asab). Dari Eksternal santri : 1. Kurangnya guru al Qur'an. 2. Kurang adanya variasi metode menghafal. 3. Lingkungan yang ramai, gaduh kurang tenang untuk menghafal. (2). Usaha yang dilakukan untuk mengintensifkan program menghafal materi al Qur'an daat dilihat dari dua arah yaitu : a). Santri : 1. Tidak semua materi harus dihafalkan santri. 2. Manajemen waktu yang baik 3. Menyelesaikan segala urusan yang mengganggu konsentrasi b). Dari Ustadz : 1. Menyampaikan usulan pada pihak pengasuh utama dan himbauan pada guru al Qur'an. 2. Adanya motivasi dari berbagai pihak, merasa membawa sesuatu yang mulia. 3. Santri diberikan kebebasan mencari metode yang sesuai dengan pribadi masing-masing santri. 4. Mencari tempat yang tenang atau memanfaatkan waktu istirahatuntuk menghafalkan materi al Qur'an. k menghafal. (2) Usaha yang dilakukan untuk mengintensifkan program menghafal· materi al Qur'an dapat dilihat dari dua arah yaitu: a) Santri; 1. Tidak semua materi hams dihafalkan santri 2. Menejemen waktu yang baik. 3. Menyelesaikan segala urusan yang mengganggu konsentrasi. b). Dari Ustadz; 1. Menyampaikan usulan pada pihak pengasuh utama dan himbauan pada guru al Qur' an. 2. adanya motivasi dari bcrbagai pihak, merasa membawa sesuatu yang mulia. 3. Santri diberikan kebebasan mencari metode yang sesuai dengan pribadi masing-masing santri. 4. Mencari tempat yang tenang atau memanfaatkan waktu istirahat untuk menghafalkan materi al Qur'an. Pemeriksaan modus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag
Uncontrolled Keywords: "HAFIDHIL QUR'AN", SANTRI MADRASAH SALAFIYAH II, PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 17 Dec 2020 14:37
Last Modified: 17 Dec 2020 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41598

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum