KEHARMONISAN KELUARGA PASANGAN SUAMI ISTRI LANJUT USIA (Studi Kasus Pada Dua Pasangan Suami Istri Lanjut Usia di KUA Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman)

Epa Nur Pitriana, NIM. 16220100 (2020) KEHARMONISAN KELUARGA PASANGAN SUAMI ISTRI LANJUT USIA (Studi Kasus Pada Dua Pasangan Suami Istri Lanjut Usia di KUA Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEHARMONISAN KELUARGA PASANGAN SUAMI ISTRI LANJUT USIA (Studi Kasus Pada Dua Pasangan Suami Istri Lanjut Usia di KUA Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman))
16220100_BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEHARMONISAN KELUARGA PASANGAN SUAMI ISTRI LANJUT USIA (Studi Kasus Pada Dua Pasangan Suami Istri Lanjut Usia di KUA Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman))
16220100_BAB-II-S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (707kB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah dengan melihat perkara ketidakharmonisan muncul dalam kehidupan rumah tangga, ditandai dengan seringnya percecokan antar suamiistri di rumah, komunikasi kurang baik, dan kurang memahami pasangan satu sama lain, sehingga menimbulkan masalah dalam kehidupan keluarganya dan menimbulkan adanya kasus perceraian. Maka diambil sebuah contoh keharmonisan yang merupakan Program dari KUA Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman. Adapun masalah yang akan diteliti tentang indikator keharmonisan keluarga pada dua pasangan suami istri lanjut usia di KUA Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman. Alat pengumpulan datanya wawancara, observasi dan dokumentasi. Alat analisis datanya deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator keharmonisan keluarga pada dua pasangan suami istri lanjut usia di KUA Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman adalah: Pertama, indikator keagamaan, maksudnya penghayatan dan pengamalan agama dengan terwujudnya kehidupan beragama dan ibadah dalam keluarga. Kedua, indikator pendidikan, maksudnya kesadaran pendidikan keluarga dengan peningkatan baik kualitas maupun kuantitas. Ketiga, indikator kesehatan, maksudnya kesehatan keluarga yang terjaga dengan baik. Keempat, indikator ekonomi, maksudnya ekonomi keluarga yang stabil. Kelima, indikator hubungan sosial, maksudnya hubungan fungsional yang seimbang, serasi dan selaras dalam keluarga dan lingkungan yang komunikatif antara keluarga dengan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Rifa’i, MA
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan Keluarga, Pasangan Suami Istri, Lanjut Usia
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Dec 2020 14:18
Last Modified: 21 Dec 2020 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum