Studi Komparatif tentang Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas II MTs Darul Hikmah Ngrambe Ngawi antara Siswa Alumni Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar Negeri (SDN)

Minarti Hasan, 00240351 (2005) Studi Komparatif tentang Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas II MTs Darul Hikmah Ngrambe Ngawi antara Siswa Alumni Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar Negeri (SDN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Studi Komparatif tentang Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas II MTs Darul Hikmah Ngrambe Ngawi antara Siswa Alumni Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar Negeri (SDN))
00240351_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Studi Komparatif tentang Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas II MTs Darul Hikmah Ngrambe Ngawi antara Siswa Alumni Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar Negeri (SDN))
00240351_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) memberikan tekanan yang lebih besar pada materi agama dibandingkan Sekolah Dasar. Dilihat dari segi penguasaan agama, terutama Bahasa Arab, antara alumni MI dan SDN jelas berbeda. Namun demikian bukan berarti hanya siswa yang berasal dari MI saja yang dapat menguasai atau memahami Bahasa Arab. Penguasaan Bahasa Arab juga tergantung dari kebiasaan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas II MTS Darul Hikmah Ngrambe Ngawi dan Sekolah Dasar Negeri (SDN); mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab siswa jelas II MTs Darul Hikmah Ngrambe Ngawi antara siswa alumni Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan sekolah Dasar Negeri (SDN). Data dikumpulkan dengan metode interview, observasi, dokumentasi, tes, dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, statistic deduktif, statistic induktif. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab yang signifikan antara siswa alumni MI dan alumni SDN. Prestasi belajar Bahasa Arab siswa alumni MI lebih tinggi dibandingkan alumni SDN. Perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab pada Mts Darul Hikmah selain disebabkan latar belakang Pendidikan siswa juga disebabkan oleh factor intern yaitu jasmaniah, psikologi yang terdiri dari intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kesiapan, kematangan, dan kelelahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 08 Jan 2021 10:02
Last Modified: 08 Jan 2021 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum