PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Ulum Galur Kulonprogo)

Imam Arifin, NIM. 14250029 (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Ulum Galur Kulonprogo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Ulum Galur Kulonprogo))
14250029_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Ulum Galur Kulonprogo))
14250029_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Banyaknya anak-anak yang tergolong tidak mampu, keluarga bermasalah (broken home), terlantar, keterasingan sosial, pergaulan bebas dan anak-anak yang mengalami kerentanan sosial. Anak-anak ini tergolong dalam PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial). Anak-anak yang berada dibawah usia 18 ini, banyak mengalami degradasi moral, meliputi mencuri, merokok, membuli, berkelahi, bebohong, membolos. Untuk memperbaiki kondisi moral tersebut, pihak LKSA memanfaatkan kegiatan kewirausahaan yang telah ada sebagai sarana untuk membina moral anak asuh menjadi lebih baik. Selain itu, melalui kegiatan kewirausahaan, diharapkan mampu memberikan penguatan mentalitas anak dan membentuk karakter kepribadian yang positif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 10 orang yang bersangkutan dan berada di LKSA Darul Ulum. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan tiangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan kewirausahaan di LKSA Darul Ulum meliputi kegiatan budidaya lele sistem bioflok dan tradisional, perkebunan jahe, peternakan kambing, keterampilan tata busana. Kegiatan ini merupakan pelatihan kewirausahaan yang diperuntukkan anak-anak LKSA. Anak-anak LKSA diajarkan mulai dari persiapan, pelaksanaan, pembagian hasil serta pemasaran dan terakhir adalah diajarkan cara mengevaluasi setiap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Pembentukan karakter anak melalui kegiatan kewirausahaan di LKSA Darul Ulum dilakukan dengan mengoptimalkan tiga aspek, yaitu pengetahuan moral (moral knowing), perasaan moral (moral feeling) dan tindakan moral (moral action). Pertama, pengetahuan moral yang ditandai dengan cara membangun kepekaan nurani. Selanjutnya, kedua karakter yang di temukan dalam aspek perasaan moral adalah munculnya sikap tolong menolong, kerjasama, peduli terhadap teman, serta bertanggungjawab. Ketiga, tindakan moral yang dibuktikan dengan pengasuh bersama anak-anak LKSA saling membantu dan bekerja sama dalam melakukan kegiatan tersebut. Anak-anak juga belajar bagaimana mengelola budidaya lele, mengelola peternakan kambing, perkebunan jahe, dan praktik membuat tata busana dengan arahan pembimbing LKSA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lathiful Khuluq, Drs, Ma, BSW, Ph.D. S
Uncontrolled Keywords: Progam Kewirausahaan, LKSA Darul Ulum, Karakter
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Dec 2020 09:58
Last Modified: 28 Dec 2020 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41693

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum