Bias Gender dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Imam Machali, NIM 00410033 (2004) Bias Gender dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bias Gender dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
00410033-BAB I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Bias Gender dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
00410033-BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bias Gender dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Imam Machali NIM 00410033 Pendidikan yang diyakini sebagai modal utama dalam membentuk tatanan kehidupan yang lebih berperadaban. Namun kadang menjadi ajang sosialisasi bias dan ketidaadilan gender. Dengan kata lain sekolah sebagai instirusi Pendidikan formal sesungguhnya bukan hanya sekedar berfungsi sebagai Lembaga Pendidikan, namun lebih jauh dari itu ia merupakan sarana sosialisasi kebudayaan yang dalam prosesnya berlangsung secara formal. Nilai dan norma tersebut ditransfer secara lugas maupun secara tersembunyi, baik melalui teks tertulis dalam buku pelajaran, maupun dalam perlakuan yang mencerminkan nilai dan norma gender yang berlaku dalam kebudayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan subjek penelitian adalah para guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTSN Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. Data dikumpulkan dengan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deduktif dan induktif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terdapat komponen-komponen pembelajaran yang menunjukkan adanya bias gender. Komponen-komponen tersebut adalah satuan pelajaran, buku ajar, media dan metode pembelajaran serta interaksi antara guru-siswa dan siswi-siswi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Susilaningsih, MA.
Uncontrolled Keywords: Gender Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 08 Jan 2021 10:03
Last Modified: 08 Jan 2021 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41694

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum