UNSUR BUDAYA DALAM JINGLE “KABEH SEDULUR KABEH MAKMUR” SAIFULLAH YUSUF- PUTI SOEKARNO (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES)

Baca Selengkapnya di Uye

Khoirina Nur Salamah, NIM. 14210055 (2020) UNSUR BUDAYA DALAM JINGLE “KABEH SEDULUR KABEH MAKMUR” SAIFULLAH YUSUF- PUTI SOEKARNO (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UNSUR BUDAYA DALAM JINGLE “KABEH SEDULUR KABEH MAKMUR” SAIFULLAH YUSUF- PUTI SOEKARNO (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES))
14210055_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UNSUR BUDAYA DALAM JINGLE “KABEH SEDULUR KABEH MAKMUR” SAIFULLAH YUSUF- PUTI SOEKARNO (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES))
14210055_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kebudayaan yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh masyarakat selalu mencoba diakulturasikan dengan bidang kehidupan lainnya dengan tujuan agar mudah diterima masyarakat. Misalnya akulturasi budaya dengan agama dan akulturasi budaya dengan politik. Akulturasi budaya dengan politik dapat dilihat dari sebuah jingle politik berjudul Kabeh Sedulur Kabeh Makmur milik pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jawa Timur 2018-2022 yaitu Saifullah Yusuf dan Puti Soekarno. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah unsur budaya menurut Kluckholn. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan menonton video jingle Kabeh Sedulur Kabeh Makmur. Metode analisis data menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Berdasarkan hasil analisis peneliti menemukan 3 aspek yang diteliti dari video jingle Kabeh Sedulur Kabeh Makmur yaitu lirik, visualisasi, dan musik. Pada aspek lirik peneliti menemukan 4 unsur budaya yang terkandung yaitu sistem mata pencaharian, teknologi, sistem kepercayaan dan religi, dan sistem organisasi sosial. Pada aspek visualisasi peneliti menemukan 5 unsur budaya yaitu sistem mata pencaharian, teknologi, sistem kepercayaan dan religi, sistem organisasi sosial, dan kesenian. Dari aspek musik peneliti menemukan 1 unsur budaya yaitu kesenian. Semua unsur budaya yang ditemukan dalam 3 aspek tersebut kemudian dianalisis menggunakan semiotik Roland Barthes dengan memaknai makna denotasi, konotasi, dan mitosnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saptoni, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: unsur budaya, jingle, Kabeh Sedulur Kabeh Makmur
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited (UTC + 7): 28 Dec 2020 13:49
Last Modified (UTC + 7): 28 Dec 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41709

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum