Kontinuitas Pelajaran Bahasa Arab Di Tingkat Madrasah Tsanawiyah Dan Madrasah Aliyah (Telaah Materi Qawa’id Buku Pelajaran Bahasa Arab Karya Dr. D. Hidayat)

WASI'ATUR ROHMAH, NIM.: 00420284 (2005) Kontinuitas Pelajaran Bahasa Arab Di Tingkat Madrasah Tsanawiyah Dan Madrasah Aliyah (Telaah Materi Qawa’id Buku Pelajaran Bahasa Arab Karya Dr. D. Hidayat). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Kontinuitas Pelajaran Bahasa Arab Di Tingkat Madrasah Tsanawiyah Dan Madrasah Aliyah (Telaah Materi Qawa’id Buku Pelajaran Bahasa Arab Karya Dr. D. Hidayat))
00420284_BAB I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Kontinuitas Pelajaran Bahasa Arab Di Tingkat Madrasah Tsanawiyah Dan Madrasah Aliyah (Telaah Materi Qawa’id Buku Pelajaran Bahasa Arab Karya Dr. D. Hidayat))
00420284_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Arab merupakan Bahasa yang digunakan dalam kitab suci Al Qur’an dan hadists, dengan demikian memahami Bahasa Arab sangat penting bagi umat Islam. Pengajaran Bahasa Arab pertama di Nusantara adalah untuk memenuhi kebutuhan seorang muslim dalam menunaikan ibadah, khususnya ibadah sholat. Maka muncullah pengajaran Bahasa Arab dengan “turutan” yang berisi materi membaca al Qur’an dengan metode abjadiyah (alphabetic method). Selanjutnya muncul pengajaran Bahasa Arab bentuk kedua dengan tujuan pendalaman ajaran agama Islam yang tumbuh di pondok pesantren. Materinya meliputi fikih,aqaid, hadist, tafsir, dan ilimu Bahasa Arab. Metode yang digunakan adalahnmetode gramatikal-terjemahan (Qawa’id wa tarjamah). Pengajaran Bahasa Arab terus mengalami perkembangan khususnya pengajaran qawa’id yang sudah diajarkan sebelum abad 19. Penelitian ini bertujua untuk mengetahui konsep penyususnan materi qawa’id dan mengetahui kontinuitas materi qawaid buku pelajaran Bahasa Arab karya Dr. D. Hidayat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian ini adalah konsep penyususnan materi qawa’id dalam buku pelajaran tersebut sudah sesuai dengan Kurikulim Berbasis Kompetensi tahun 2004 pada tingkat MTs dan MA. Materi qawa’id telah digradasikan dengan baik, sehingga kontinuitas penyususnan materi telah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Maksuddin, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Bahasa Arab; Materi Qawaid; Buku pelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 07 Jun 2021 07:38
Last Modified: 07 Jun 2021 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41737

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum