Efektivitas Pengajaran Amtsilati Untuk Memahami Al Qur’an Dan Membaca Kitab Kuning Di Madrasah Diniyyah Miftakhul Huda Kalibalik Batang Jawa Tengah

M. Djanamar Adjam, NIM 00420136 (2006) Efektivitas Pengajaran Amtsilati Untuk Memahami Al Qur’an Dan Membaca Kitab Kuning Di Madrasah Diniyyah Miftakhul Huda Kalibalik Batang Jawa Tengah. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Efektivitas Pengajaran Amtsilati Untuk Memahami Al Qur’an Dan Membaca Kitab Kuning Di Madrasah Diniyyah Miftakhul Huda Kalibalik Batang Jawa Tengah)
00420136_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Efektivitas Pengajaran Amtsilati Untuk Memahami Al Qur’an Dan Membaca Kitab Kuning Di Madrasah Diniyyah Miftakhul Huda Kalibalik Batang Jawa Tengah)
00420136_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Efektivitas Pengajaran Amtsilati Untuk Memahami Al Qur’an Dan Membaca Kitab Kuning Di Madrasah Diniyyah Miftakhul Huda Kalibalik Batang Jawa Tengah M. Djanamar Adjam NIM 00420136 Mempelajari Bahasa Arab merupakan kunci untuk mendalami sejarah perkembangan peradaban dunia musli pada khususnya dan peradaban dunia pada umumnya. Di Pondok pesantren terdapat metode pengajaran agama Islam seperti sorogan, bandongan, dan halaqah. Namun metode ini sepertinya kurang efektif untuk pembelajaran Bahasa Arab dikarenakan membutuhkan waktu yang lama untuk mebguasainya. Salah satu metode yang kemudian dikembangkan untuk pengajaran Bahasa Arab adalah An-Nahwu Fi Tsaubihi Al-Jadid yang berusaha memangkas materi nahwu yang terkenal sangat rumit. Salah satu lembaga Pendidikan yang menggunakan metode ini adalah Madrasah Diniyyah Miftakhul Huda Kalibatik Batang Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang diajarkannya pengajaran Bahasa Arab dengan sistem Amtsilati (memahami al Qur’an dan membaca kitab kuning), mengetahui cara mengajarkan, mengetahui efektivitas pengajaran Amtsilati di Madrasah Diniyyah Miftakhul Huda Kalibatik Batang Jawa Tengah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Diniyyah Miftakhul Huda Kalibatik Batang Jawa Tengah tahun ajaran 2004/2005. Data dikumpulkan dengan metode observasi, test, kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik statistic referensial. Hasil penelitian menunjukkan pada proses efektivitas pengajaran Amtsilati memberikan sumbangan yang positif dan signifikan. Pengajaran Bahasa Arab dengan sistem Amtsilati mudah dan cocok untuk anak-anak. Metodologi pengajaran Amtsilati seperti pengajaran yang ada pada buku Iqra;, sehingga anak banyak diaktifkan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Maksudin, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Amtsilati
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 12 Jan 2021 10:48
Last Modified: 12 Jan 2021 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41746

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum