Kemampuan Menerjemahkan Teks Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Madrasah Aliyah Negeri Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Khuliyatus Saniyah, NIM 00420104 (2005) Kemampuan Menerjemahkan Teks Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Madrasah Aliyah Negeri Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kemampuan Menerjemahkan Teks Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Madrasah Aliyah Negeri Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
00420104_BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Kemampuan Menerjemahkan Teks Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Madrasah Aliyah Negeri Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
00420104_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan Menerjemahkan Teks Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Madrasah Aliyah Negeri Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Khuliyatus Saniyah NIM 00420104 Kemampuan menerjemahkan teks Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia menuntut berbagai pengetahuan, yaitu menguasai Bahasa sumber (source language-SL) dengan baik, pengetahuan tentang struktur Bahasa sasaran (target language_TL). Selain itu penerjemah harus mengetahui jenis, isi, dan bidang disiplin naskah yang akan diterjemahkan. Di MAN Laboratorium UIN Sunan Kalijaga khususnya kelas II siswa ditekankan untuk mampu membaca teks Arab. Membaca berarti memahami teksnya. Kemampuan mempertemahkan mempunyai peran penting sebagai alat komunikasi, karena dengan terjemah itulah orang akan dapat memahami makna, pola, dan seluruh kalimat yang terkandung pada Bahasa Arab untuk ditransfer ke dalam Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keampuan menerjemahkan teks Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia siswa kelas II MAN Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan KAlijaga Yogyakarta. Selain itu untuk mengetahui problematika siswa kelas II MAN Laboratorium Fak Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam menerjemahkan teks/Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, interview, ang ket dan tes. Analisis data kualitatif menggunakan metode deskriptif analitis, sementara data kuantitatif dengan metode rata-rata. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan menerjemahkan teks Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia siswa kelas II MAN Laboratorium Fak Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga dikategorikan cukup. Problematika yang dihadapi oleh siswa dalam menerjemahkan teks Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia siswa kelas II MAN Laboratorium Fak Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga adalah masalah linguistik dan non linguistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Munip, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pernerjemahan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 12 Jan 2021 10:48
Last Modified: 12 Jan 2021 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41748

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum