Problematika Pengajaran Muhadasah Dan Solusinya Bagi Siswa Kelas III Jurusan Bahasa di Man Tambakberas Jombang

Idham Kholid Effendy, NIM 00420097 (2006) Problematika Pengajaran Muhadasah Dan Solusinya Bagi Siswa Kelas III Jurusan Bahasa di Man Tambakberas Jombang. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Problematika Pengajaran Muhadasah Dan Solusinya Bagi Siswa Kelas III Jurusan Bahasa di Man Tambakberas Jombang)
00420097-BAB I_ V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Problematika Pengajaran Muhadasah Dan Solusinya Bagi Siswa Kelas III Jurusan Bahasa di Man Tambakberas Jombang)
00420097-BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Problematika Pengajaran Muhadasah Dan Solusinya Bagi Siswa Kelas III Jurusan Bahasa di Man Tambakberas Jombang Idham Kholid Effendy NIM 00420097 Penyusunan skripsi ini berkenaan dengan adanya problematika pengajaran muhadasah dan solusinya di Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena dalam pelaksanan pengajaran muhadasah bisa dikatakan berjalan dengan sukses tidak terlepas dari adanya suatu permasalahan yang timbul, kesemuanya itu bertujuan untuk memajukan dan meningkatkan prosess pengajaran tersebut. Sebagaimana kita ketahui, pada dasarnya setiap pengajaran bahasa arab bertujuan agar siswa memiliki empat kemahiran berbahasa yultu: kemahiran menyimak, kemahiran berbicara kemahiran membaca kemahiran menulis. Sehubungan dengan kemahiran berbicara, penulis menganggap bahwa berbicara dengan bahasa arab merupakan sesuatu yang amat penting dalam mempelajari bahasa arab, karena sebagian besar tujuan seseorang mempelajari bahasa arab adalah agar dapat berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Tapi banyak sekali dari mereka yang tidak mencapai target yang telah ditentukan, karena dalam mempelajarinya mereka mengalami berbagai macam kesulitan, hal ini disadari mengingat bahwa bahasa arab bukan bahasa schari-hari dan sangat berbeda dengan bahasa Indonesia, baik dari segi tata bahasa atau yang lainnya, karena itu dibutuhkan solusi pemecahannya, terutama di sekolah-sekolah sebagai tempat mempelajarinya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah diskriptik analitik non statistik, untuk memecahkan masalah yang dihadapi olch pihak lembaga sekolah dengan menggunakan pendekatan normatif. Sedangkan dalam pengumpulan data penulis mengadakan pengamatan, observasi, wawancara, serta angket. Adapun data yang diperoleh bersumber dari kepala sekolah, wakamad bidang kesiswaan, guru bahasa arab, siswa, dan karyawan lainnya yang dianggap paham dan mengetahui mengenai permasalahan tersebut, selain itu juga dari data yang berupa dokumen-dokumen dan literatur-literatur yang relevan Berdasarkan penelitian, penyusun mendapatkan beberapa kesimpulan, yaitu: Pertama, Proses pengajaran muradasah yang dilakukan oleh guru bahasa arab masih menggunakan metode campuran, antara lain metode diskusi, ceramah dan Tanya jawab, Kedua, problematika yang dihadapi dalam pengajaran muhadasah adalah kurangnya kegiatan yang bisa mendukung untuk siswa dalam mempraktikkan bahasanya, serta lingkungan siswa yang tidak mendukung, dan adanya sebagian para siswa yang merasa takut dan salah dalam mengucapkan dan mempraktikkan kebahasaan mereka. Ketiga, Solusi terhadap problematika tersebut, adalah mengadakan dan menciptakan kembali lingkungan bahasa yang kondusif, serta mengadakan kegiatan kebahasaan secara kontinue.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Tulus Musthofa, Lc, MA.
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Muhadasah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 12 Jan 2021 10:48
Last Modified: 12 Jan 2021 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41749

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum