PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI TBM: Studi Strategi dan Hasil Pemberdayaan di TBM Wijaya Kusuma Sleman Yogyakarta

Novita Dian Pangesti, NIM. 16230005 (2020) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI TBM: Studi Strategi dan Hasil Pemberdayaan di TBM Wijaya Kusuma Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI TBM: Studi Strategi dan Hasil Pemberdayaan di TBM Wijaya Kusuma Sleman Yogyakarta)
16230005_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI TBM: Studi Strategi dan Hasil Pemberdayaan di TBM Wijaya Kusuma Sleman Yogyakarta)
16230005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Meningkatnya kualitas hidup kaum perempuan dapat ditujukan dengan GEM (Gender Empowerment Measurament) yang diukur melalui partisipasi kaum perempuan di bidang ekonomi maupun politik. Di Yogyakarta khususnya Kabupaten Sleman jumlah perempuan yang bekerja sebagai ibu rumah tangga yaitu 15,6% atau 164.309 jiwa yang sebagian dari mereka banyak memiliki waktu luang. Berdasarkan permasalahan tersebut muncul Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Wijaya Kusuma yang melakukan pemberdayaan perempuan untu ibu rumah tangga. Kegiatan tersebut cukup unik karena biasanya TBM hanya memberikan literasi kepada anak-anak usia sekolah, namun TBM Wijaya Kusuma mempunyai program pemberdayaan perempuan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh TBM Wijaya Kusuma dan apa hasil yang diperoleh kaum perempuan setelah mengikuti kegiatan tersebut. Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan di atas, peneliti menggali data dengan wawancara kepada Ketua TBM Wijaya Kusuma, pengurus TBM, anggota TBM. Selain itu juga melakukan pengumpulan data dengan observasi dan melacak dokumen yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh TBM pertama, membaginya menjadi dua kelompok yang ditentukan berdasarkan skill anggota., kedua dengan adanya kegiatan pelatihan keterampilan untuk anggota kelompok, ketiga adanya penyaluran jaringan usaha untuk anggota kelompok yang sudah memiliki usaha. Dilihat dari hasil yang diperoleh perempuan setelah mengikuti program pemberdayaan di TBM adalah (1)Bertambahnya wawasan dan keterampilan, (2) Mampu produksi dan penghasilan tambahan, dan (3) Adanya partisipasi anggota dalam kegiatan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar H. Indra Jaya, S. Sos, M. Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemberdayaan, Hasil Pemberdayaan
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Dec 2020 10:33
Last Modified: 30 Dec 2020 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41756

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum