Studi Komparatif Metode Pengajaran Fiqih Antara Materi Non Kitab Dengan Materi Kitab Di Madrasah Aliyah Raden Fatah Grobogwetan Pangkah Tegal

Amrul Hakim, NIM 00410109 (2005) Studi Komparatif Metode Pengajaran Fiqih Antara Materi Non Kitab Dengan Materi Kitab Di Madrasah Aliyah Raden Fatah Grobogwetan Pangkah Tegal. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Studi Komparatif Metode Pengajaran Fiqih Antara Materi Non Kitab Dengan Materi Kitab Di Madrasah Aliyah Raden Fatah Grobogwetan Pangkah Tegal)
00410109_BAB I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Studi Komparatif Metode Pengajaran Fiqih Antara Materi Non Kitab Dengan Materi Kitab Di Madrasah Aliyah Raden Fatah Grobogwetan Pangkah Tegal)
00410109_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Studi Komparatif Metode Pengajaran Fiqih Antara Materi Non Kitab Dengan Materi Kitab Di Madrasah Aliyah Raden Fatah Grobogwetan Pangkah Tegal Amrul Hakim NIM 00410109 Studi Komparatif Metode Pengajaran Fiqih antara Materi non Kitab dan Materi Kitab di Madrasah Aliyah Raden Fatah Grobogwetan Pangkah Tegal. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penerapan metode pengajaran materi mata pelajaran Fiqih yang menggunakan kitab dan non kitab di Madrasah Aliyah Raden Fatah Grobogwetan Pangkah Tegal. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempunakan penerapan metode pengajaran materi fiqih baik yang menggunakan kitab laupun non kitab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Raden fatah Grobogwetan Pangkah Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan: (1) Materi pengajaran fiqih berupa bahasa Indonesia dan materi kitab taqrib berupa bahasa Arab. Dan substansi dari masing masing materi keduanya tersebut sama hanya urutanya saja yang tidak sama (2) Metode pengajaran fiqih dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan metode praktek sedangkan metode pengajaran kitab taqrib menggunakan membaca, terjemah, ceramah, tanya jawab, latihan siap, pemberian tugas dan demonstrasi Jadi perbedaanya pada metode membaca dan terjemah serta latihan siap dan pemberian tugas, karena siswa dituntut agar bisa memahami materi sementara isi materi tersebut menggunakan bahasa Arab sedangkan metode pengajaran fiqih tidak memerlukan membaca dan terjemah karena materi tersebut sudah berbahasa Indonesia Dan metode yang digunakan dalam pelajaran kitab taqrib tidak mengunakan diskusi karena waktu yang disediakan hanya satu jam pelajaran dalam seminggu (3) Hasil proses pengajaran fiqih cukup memuaskan karena tidak ada satu siswa pun yang mendapatkan nilai rendah sedangkan mata pelajaran kitab taqnb hasil evaluasi yang telah dilakukan masih terdapat siswa yang mendapatkan nilai rendah karena siswa tidak mempunyai dasar yang cukup untuk memahami materi yang disajikan. Namun demikian nilai rata-rata yang dihasilkan kitab taqrib lebih tinggi dari fiqih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. A. Miftah Baidlowi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Pengajaran Fiqih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 12 Jan 2021 10:48
Last Modified: 12 Jan 2021 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum