Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK PIRI Sleman

Widyaningsih HI, NIM 00410095 (2005) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK PIRI Sleman. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK PIRI Sleman)
00410095_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK PIRI Sleman)
00410095_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK PIRI Sleman Widyaningsih HI NIM 00410095 Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK PIRI Sleman Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang strategi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis kompetensi di SMK PIRI Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk pembelajaran selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK PIRI Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif seperti yang dikemukakan olah Miles Huberman, yaitu dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK PIRI Sleman yang berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi mencakup kompetensi pada tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam pembelajaran guru mengunakan beberapa pendekatan diantaranya pendekatan pengalaman, pendekatan emosional pendekatan fungsional dan pendekatan rasional. Metode yang diguakan yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode demontrasi, metode diskusi, dan metode penugasan. (2) Problem yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berdasarkan kurikulum yang berbasis kompetensi adalah (a) Sebagian guru kurang paham dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (b) Kurangnya fasilitas pendukung seperti buku-buku pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mengacu pada kurikulum yang berbasis kompetensi (3) Usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam adalah mengikuti sosialisasi kurikulum berbasis kompetensi yang diadakan oleh Dinas Pemenntah DIY maupun Dinas Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs Sutrisno, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 12 Jan 2021 10:48
Last Modified: 12 Jan 2021 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41764

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum