DAKWAH KH. MABARUN DI MASYARAKAT BANTUL, D.I. YOGYAKARTA (1968-2013) (Kajian terhadap Peran dan Pengaruh Dakwah KH. Mabarun dalam Bidang Keagamaan, Sosial-Kebudayaan, dan Politik)

Muchammad Musoffa, NIM. 13120100 (2019) DAKWAH KH. MABARUN DI MASYARAKAT BANTUL, D.I. YOGYAKARTA (1968-2013) (Kajian terhadap Peran dan Pengaruh Dakwah KH. Mabarun dalam Bidang Keagamaan, Sosial-Kebudayaan, dan Politik). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAKWAH KH. MABARUN DI MASYARAKAT BANTUL, D.I. YOGYAKARTA (1968-2013) (Kajian terhadap Peran dan Pengaruh Dakwah KH. Mabarun dalam Bidang Keagamaan, Sosial-Kebudayaan, dan Politik))
13120100_BAB-I_III-IV-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (DAKWAH KH. MABARUN DI MASYARAKAT BANTUL, D.I. YOGYAKARTA (1968-2013) (Kajian terhadap Peran dan Pengaruh Dakwah KH. Mabarun dalam Bidang Keagamaan, Sosial-Kebudayaan, dan Politik))
13120100_BAB II, III, IV .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

KH. Mabarun menjadi salah satu kiai yang memiliki posisi penting dalam struktur masyarakat di wilayah Bantul. Dia merupakan sosok figur yang menjadi panutan di masyarakat, menjadi tokoh dai yang memiliki pengetahuan luas dan mampu membawa pendengarnya untuk mendengarkan apa yang disampaikan. Sebagai sosok kiai jiwa karismatik terdapat pada dirinya. Penelitian ini mengkaji mengenai peran dan pengaruh aktivitas dakwah KH. Mabarun di masyarakat Bantul tahun 1968-2013. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan aktivitas dakwah KH. Mabarun dalam bidang sosial-keagamaan dan politik di masyarakat Bantul; 2) Untuk mengetahui peran KH. Mabarun dalam berdakwah di masyarakat Bantul dalam bidang tersebut; 3) Untuk menjelaskan pengaruh dakwah KH. Mabarun di masyarakat Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan biografis dan sosiologis, sebagaimana dijelaskan Sartono pentingnya mengungkapkan penelitian tokoh dalam sejarah pada pendidikan, dan Weber menjelaskan bahwa tujuan penggunaan sosiologis dalam kajian sejarah adalah untuk memahami arti subyektif dari kelakuan sosial. Adapun kerangka teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori peran dari Peter Burke dan Soerjono Soekanto. Penelitian ini menggunakan metode sejarah meliputi heruistik (pengumpulan data), verifikasi (kritik), interpretasi, dan Historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah KH. Mabarun mencakup bidang keagamaan, sosial-kebudayaan, dan politik. Dakwah KH. Mabarun dalam bidang keagamaan dibuktikan dengan pembentukan sejumlah majlis taklim. Bidang sosial-kebudayaan KH. Mabarun mampu menjadikan masjid sebagai pemersatu umat, memajukan organisasi, menyelaraskan kurikulum pesantren dan sekolah formal, dan pelopor dakwah di media elektronik yaitu Radio Persatuan. Adapun dalam bidang politik dia berperan sebagai mediator antara pemerintah dan masyarakat, dan menjadikan pesantren sebagai pusat pendidikan agama Islam. Adapun pengaruh dakwah KH. Mabarun dalam ketiga bidang tersebut meliputi bidang keagamaan adanya majlis taklim di beberapa titik tempat yang dibentuk olehnya hingga kini majlis taklim tersebut masih ada. Selain tempat majlis taklimnya, KH. Mabarun juga memiliki murid atau santri yang dewasa ini mereka melanjutkan perjuangan gurunya sebagai tokoh agama maupun tokoh politik. Bidang sosialkebudayaan dalam pengaruh dakwah KH. Mabarun terlihat hingga sekarang yaitu bangunan fisik gedung PCNU Kab. Bantul, adanya masjid Al-Ikhlas Krajan Bantul, sebagai guru dan pendiri PGA Gandekan, Bantul. Sedangkan dalam bidang politik terdapat pengaruhnya hingga sekarang masih bias dirasakan, ialah anggaran dana pemerintah untuk pemberdayaan kaum rois (modin) di Kab. Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurul Hak, M,Hum.,
Uncontrolled Keywords: KH. Mabarun, peran dakwah, aktivitas, masyarakat Bantul.
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Jan 2021 13:11
Last Modified: 04 Jan 2021 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41786

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum