“DAMPAK PROGRAM DISIPLIN POSITIF KADER KOMITE KESEJAHTERAAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (KKPA) TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA KEPADA ANAK DI DESA GILANGHARJO, PANDAK, BANTUL, YOGYAKARTA”.

CONY AKA AMAYLIA, NIM. 13250015 (2019) “DAMPAK PROGRAM DISIPLIN POSITIF KADER KOMITE KESEJAHTERAAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (KKPA) TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA KEPADA ANAK DI DESA GILANGHARJO, PANDAK, BANTUL, YOGYAKARTA”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“DAMPAK PROGRAM DISIPLIN POSITIF KADER KOMITE KESEJAHTERAAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (KKPA) TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA KEPADA ANAK DI DESA GILANGHARJO, PANDAK, BANTUL, YOGYAKARTA”.)
13250015_PRA BAB_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN_CVpdf.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (“DAMPAK PROGRAM DISIPLIN POSITIF KADER KOMITE KESEJAHTERAAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (KKPA) TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA KEPADA ANAK DI DESA GILANGHARJO, PANDAK, BANTUL, YOGYAKARTA”.)
13250015_BAB II & BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pola asuh orang tua sangat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal, banyak orang tua yang mengasuh anaknya dengan perilaku kekerasan, hal tersebut dinamakan pola asuh otoriter, atas dasar tersebut KPPA membuat program pembinaan pola asuh menggunakan disiplin positif yang nantinya akan merubah pola asuh yang demokratis. Penelitian kali ini mempunyai rumusan masalah yaitu Bagaimana pelaksanaan pendampingan disiplin positif dalam pola asuh orangtua oleh Kader Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) di Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta ? dan Bagaimana dampak pendampingan disiplin positif tersebut terhadap pola asuh di dalam keluarga ? Penelitian kali ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian tersebut adalah Kepala Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul. Kader Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) Supervisor pendampingan disiplin positif, Keluarga sasaran pendampingan disiplin positif dan objek dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan dan dampak dalam program disiplin positif di Desa Gilangharjo. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi non-partisipan dan dokumentasi, untuk teknis analisis datanya yaitu menggunakan reduksi data selanjutnya data disajikan dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu. pada rumusan masalah pertama yaitu sesi kesatu ini terjadi sebuah kontrak dari antara kader dan binaan dan pemberian wawasan tentang disiplin positif, pada sesi kedua yaitu memberikan panduan dan kehangatan kepada anak serta memikirkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek , pada sesi ketiga dan keempat materi yang di sampaikan sama yaitu memahami pola berfikir anak sesuai dengan tahapan usianya. Dan yang terakhir pada sesi kelima yaitu memecahkan masalah dengan disiplin positif dengan cara sharing. Rumusan masalah yang kedua yaitu dampak yang diperoleh dari program disiplin positif, dampak dari program tersebut yaitu orang tua mulai memahami tentang mengasuh anak itu tidak boleh menggunakan kekerasan, di saat orangtua melakukan kekerasan dalam pola asuh yang diterapkan maka pola asuh tersebut masuk dalam kategori pola asuh otoriter, setelah mengetahui tentang materi-materi yang disampaikan pada akhirnya mulai bergeser pola asuhnya dari yang sebelumnya otoriter menjadi demokratis. Dari pengasuhan demokratis tersebut dampak yang didapat yaitu hubungan anak dan orang tua menjadi harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ABIDAH MUFLIHATI, S,Th.I.,M.Si
Uncontrolled Keywords: YSTC, KKPA, Disiplin Positif
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Jan 2021 14:20
Last Modified: 05 Jan 2021 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41806

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum