PEMBERDAYAAN PEREMPUAN UNTUK KEMANDIRIAN SOSIAL EKONOMI (Study Kasus Pemberdayaan Rumah Zakat Terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Rajut Hijau Indonesia) di Dusun Karangasem, Sidomulyo, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta

NUR ENDAH RAHMAWATI, NIM. 15250079 (2020) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN UNTUK KEMANDIRIAN SOSIAL EKONOMI (Study Kasus Pemberdayaan Rumah Zakat Terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Rajut Hijau Indonesia) di Dusun Karangasem, Sidomulyo, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN UNTUK KEMANDIRIAN SOSIAL EKONOMI (Study Kasus Pemberdayaan Rumah Zakat Terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Rajut Hijau Indonesia) di Dusun Karangasem, Sidomulyo, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta)
15250079_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN UNTUK KEMANDIRIAN SOSIAL EKONOMI (Study Kasus Pemberdayaan Rumah Zakat Terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Rajut Hijau Indonesia) di Dusun Karangasem, Sidomulyo, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta)
15250079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan perempuan rawan sosial ekonomi masih menjadi permasalahan yang terjadi di salah satu kecamatan di Kulon Progo, tepatnya di Dusun Karangasem, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY. Akan tetapi beberapa perempuan dengan perekonomian rendah tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan berusaha untuk bangkit dari kemiskinannya dengan terus berusaha menjalankan keahlian yang di miliki yaitu merajut. Potensi dari para perempuan yang dapat merajut inilah yang menarik Rumah Zakat untuk mengadakan pemberdayaan. Pemberdayaan Perempuan muncul karena adanya suatu kondisi sosial ekonomi masyarakat yang masih rendah mengakibatkan mereka tidak mampu dan tidak tahu. Ketidakmampuan dan ketidaktahuan xii masyarakat mengakibatkan produktivitas mereka rendah. Sebagai tujuan, maka pemberdayaan menunjuk pada keadaan atau hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial yang dapat berupa kemandirian. Terciptanya kemandirian tentunya melalui tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam proses pemberdayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan perempuan dapat menciptakan kemandirian sosial ekonomi anggota Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Rajut Hijau Indonesia. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih data yang diperlukan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa capaian pemberdayaan perempuan berkaitan dengan kemandirian sosial yang dilakukan Rumah Zakat terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Rajut Hijau Indonesia diantaranya adalah yang pertama meningkat kemampuan komunikasi dan bersosialisasi baik dengan sesama anggota, konsumen, maupun masyarakat luas. Kedua, menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan dengan adanya pameran serta study xiii banding. Ketiga, lebih banyak mendapatkan informasi berkaitan dengan beragam informasi mengenai keinginan konsumen yang berkaitan dengan pangsa pasar saat ini sehingga mampu berinovasi dan lebih kreatif. Keempat, banyak pihak yang ikut membantu dan bekerjasama dalam mengembangkan usaha. Capaian pemberdayaan perempuan berkaitan dengan kemandirian ekonomi diantaranya adalah dengan peningkatan hasil produksi. Capaian yang selanjutnya adalah membantu meningkatkan pendapatan keluarga. Membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik kebutuhan secara premier ataupun sekunder.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Noorkamilah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: emberdayaan Perempuan, Kemandirian Sosial, dan Kemandirian Ekonomi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Jan 2021 14:30
Last Modified: 05 Jan 2021 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41808

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum