STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PRODUKSI ARUM MANIS DI DUSUN NGRANGSAN, SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN

Ida Ayu Wulandari, NIM. 12230063 (2020) STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PRODUKSI ARUM MANIS DI DUSUN NGRANGSAN, SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PRODUKSI ARUM MANIS DI DUSUN NGRANGSAN, SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN)
12230063_IDA AYU WULANDARI_BAB I-BAB SEBELUM AKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PRODUKSI ARUM MANIS DI DUSUN NGRANGSAN, SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN)
112230063_IDA AYU WULANDARI_BAB II-BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Banyak penduduk yang menjadi pengangguran, umumnya tersebar didaerah pedesaan dan perkotaan di Indonesia. Pada dasarnya, sebagian dari mereka tidak berpendidikan rendah, ada yang sudah menyelesaikan sekolah dan ada pula yang tidak tamat pendidikan formal atau sekolah, serta banyak juga yang tidak mempunyai kemampuan atau keahlian khusus dibidangnya. Hal ini mengakibatkan para pengangguran sulit mendapatkan pekerjaan karena tidak mampu memenuhi syarat dalam melamar pekerjaan, seperti di perusahaan-perusahaan, dikarenakan tidak sesuai dengan bidang studi yang mereka miliki, sehingga memunculkan ketidaksinambungan atau titik temu dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Padahal perusahaan dengan standar khusus selalu memberitahukan persoalan persyaratan khusus yaitu indeks prestasi tinggi, pandai berbahasa inggris, paham mengoperasikan komputer, akuntansi, kejujuran, dan kedisiplinan dalam melaksanakan pekerjaan. . Ekonomi Masyarakat adalah aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh rakyat dengan cara swadaya dalam mengelola sumber daya apa saja yang dapat dilakukan dan memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar dan keluarga. Disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan ekonomi masyarakat adalah suatu kegiatan yang bersifat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan segala yang ada disekitar, atau pun membuat suatu kegiatan baru yang mungkin mencakup dalam pengelolahan sumber daya alam, sumber daya manusia dan lain sebagainnya seperti yang dilakukan oleh industri Arum Manis Haji Ardi yang merupakan bisnis rumahan yang melibatkan masyarakat, terutama masyarakat kecil dalam mengelolah usaha tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif, subyek dalam penelitian ini adalah Pengelolah usaha industri Arum Manis Haji Ardi, Masyarakat setempat, Pegawai. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana strategi pemberdayaan ekonomi berbasis produksi arum manis di Dusun Ngrangsan, Selomartani, Kalasan, Sleman dan Dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pengumpulan data melalui observasi, interview/ wawancara, dan dokumentasi, adapun untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu data yang telah diperoleh kemudian disusun, diklsifikasikan, dan di simpulkan sehingga dapat menjawab rumusan masalah diatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tahap-tahap pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan cara sosialisasi terkait pembuatan arum manis, penerimaan lowongan pekerjaan, pemberdayaan karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Abu Suhud, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Industri Arum Manis
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Jan 2021 13:43
Last Modified: 06 Jan 2021 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41817

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum