Al Saja'u Fi Diwan Al Haddad Kitab Al Durr Al Manzum Li Dhawi Al Uqul Wa Al Fuhum (dirasah Tahliliyah Balaghiyah Fi Ilmi Al Badi')

Kamal Mukhtar, NIM. 13110020 (2020) Al Saja'u Fi Diwan Al Haddad Kitab Al Durr Al Manzum Li Dhawi Al Uqul Wa Al Fuhum (dirasah Tahliliyah Balaghiyah Fi Ilmi Al Badi'). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Saja'u Fi Diwan Al Haddad Kitab Al Durr Al Manzum Li Dhawi Al Uqul Wa Al Fuhum (dirasah Tahliliyah Balaghiyah Fi Ilmi Al Badi'))
13110020_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Al Saja'u Fi Diwan Al Haddad Kitab Al Durr Al Manzum Li Dhawi Al Uqul Wa Al Fuhum (dirasah Tahliliyah Balaghiyah Fi Ilmi Al Badi'))
13110020_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berupaya mengkaji tentang saja’ dan berbagai macamnya yang terdapat di dalam kitab Diwan al-Haddad karya Habib Abdullah bin Alawy al Haddad. Diwan tersebut banyak mengandung bentuk-bentuk keindahan balaghiyah baik secara lafadz maupun makna. Diantara dua macam keindahan balaghiyah tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji kitab Diwan al-Haddad dari sisi keindahan lafadznya yaitu dari sisi keindahan saja’. Peneliti di dalam mengkaji Diwan tersebut membatasi pembahasan kepada bait-bait di dalam diwan yang mengandung saja’ dan macam-macam saja’ yang terdapat di dalam Diwan al-Haddad. Adapun teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik library research (penelitian pustaka). Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder. Sumber primer di dalam penelitian ini adalah kitab Diwan al-Haddad, dan sumber sekundernya adalah berbagai referensi yang membantu terwujudnya penilitian ini baik berkaitan dengan diwan maupun saja’. Dalam mengumpulkan data-data tentang saja’, peneliti mencari dan mengumpulkan bait-bait syair di dalam Diwan al-Haddad yang mengandung saja’. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bait-bait di dalam kitab Diwan al-Haddad yang mengandung saja’ serta macam-macam saja’ yang terkandung di dalam bait-bait tersebut. Di dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa di dalam bait-bait diwan al-Haddad banyak ditemukan saja’ dengan berbagai macamnya yang tiga yaitu saja’ mutharraf, murassha’ dan mutawazi. Hasil penelitian ini adalah peneliti menemukan seratus bait syair yang di dalamnya terdapat saja’. seratus bait tersebut terbagi ke dalam tiga jenis saja’ yaitu enam puluh lima bait termasuk saja’ mutharraf, lima belas bait saja’ mutawazi dan dua puluh bait termasuk saja murassha’. Adapun saja’ mutharraf merupakan saja’ terbanyak yang terdapat di dalam kitab Diwan al-Haddad karya Habib Abdullah bib Alawy al-Haddad

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sukamta, M.A.
Uncontrolled Keywords: sastra arab - sajak - ilmu badi
Subjects: Kesusastraan Arab > Analisis Strukturalisme
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Jan 2021 10:55
Last Modified: 12 Jan 2021 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41840

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum