Women’s Lives Matter: Poor, Unemployed, Single Mothers Experiencing Psychological Burden amid Covid-19 Outbreak in Yogyakarta City and Bantul (Kluster: Penelitian Dasar Interdisipliner Tanggap Covid-19)

Marhumah, - and Zulkipli Lessy, - and Andayani, - and Afifurrochman Sya’rani, - and Purnandari Damayanti, - and Umi Masruroh, - (2020) Women’s Lives Matter: Poor, Unemployed, Single Mothers Experiencing Psychological Burden amid Covid-19 Outbreak in Yogyakarta City and Bantul (Kluster: Penelitian Dasar Interdisipliner Tanggap Covid-19). Project Report. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PENELITIAN MARHUMAH CS 4 Januari 2021 (1).pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Basis penelitian ini adalah grounded melalui pendekatan case study di Kota Yogyakarta dan Kabupatan Bantul. Disebut grounded karena berakar pada responden di level grass-root, yaitu kaum miskin terdiri dari wanita single parent dan keluarga mereka. Dengan mengintegrasikan dua pendekatan dari bawah yaitu urban (perkotaan) dan rural (pedesaan), penelitian kami ini tidak dapat secara lebih jauh mengeneralisasikan temuan-temuan namun setidaknya ini bisa teraplikasikan di kedua wilayah ini. Tidak begitu jauh perbedaan apa yang dirasakan oleh responden di kedua wilayah ini. Namun, sepanjang pengamatan, pengambilan data via wawancara dan bincang-bincang dengan ahli, adalah nyata bahwa perlunya kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada orang-orang miskin, terutama wanita single parent di tengah tengah kampung miskin dan padat di Yogyakarta Kota dan Kabupaten Bantul agar mereka dapat keluar dari lembah kemiskinan yang berkepanjangan, setidak�tidaknya anak-anak mereka tidak mengulangi kehidupan mereka saat ini. Para responden secara umum memang terbantu dengan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT); namun ini tidak menjamin kelangsungan survival di masa yang panjang. Kebijakan pemerintah, karena itu, perlu memikirkan metode-metode yang integratif guna memberdayakan keluarga-keluarga miskin sekaligus menjadikan anak-anak mereka menguasai pendidikan dan kecakapan untuk mengarungi hidup yang panjang di masa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Women Poor, Psychological; Covid-19; Yogyakarta
Subjects: Psikologi
Covid-19
Wanita Dalam Keluarga
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 25 Jan 2021 21:24
Last Modified: 31 May 2021 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum